Sejarah Yahudi

Sekilas Sejarah Yahudi

Pembahasan para pakar dan masyarakat dunia tentang Yahudi bukan merupakan hal yang asing dan baru. Pasalnya, peradaban agama Yahudi dengan Israel sebagai bangsanya sudah berakar sejak ribuan tahun yang lalu. Bila dirunut kembali ke masa lalu sejarah, Yahudi berpangkal pada masa Nabi Ibrahim as. Seperti diketahui oleh agama-agama samawi (Islam, Yahudi, dan Kristen), Nabi Ibrahim memiliki 2 orang putra bernama Ishak dan Ismail. Ishak lahir dari istri pertama yang bernama Sarah, dan Ismail lahir dari istri kedua yang bernama Hajar. Setelah Ishak dan Ismail berusia dewasa, maka keduanya pun diangkat Allah SWT menjadi nabi melanjutkan tugas yang diemban oleh ayah mereka. Keturunan yang berasal dari Nabi Ishak as tersebut kemudian disebut sebagai bangsa Israel, sedangkan bangsa Arab dinisbatkan sebagai keturunan Nabi Ismail as. Kemudian Nabi Ishak as mempunyai anak yaitu Yakub as yang juga diangkat menjadi nabi setelah dewasa. Berbeda dengan Ishak, ketika itu anak Ismail as tidak ada yang diangkat menjadi nabi. Namun setelah beberapa puluh keturunan barulah dari keturunan nabi Ismail as tersebut ada yang diangkat menjadi nabi sekaligus rasul dan juga merupakan nabi dan rasul terakhir, yaitu Nabi Muhammad SAW. Selang waktu dari nabi Ismail as hingga ke nabi Muhammad SAW tersebut, Allah SWT menurunkan banyak Nabi dan Rasul kepada bangsa Israel. Nabi dan Rasul tersebut yaitu Yakub, Yusuf, Ayub, Zulkifli, Syuaib, Yunus, Musa, Harun, Ilyas, Ilyasa, Daud, Sulaiman, Zakaria, Yahya, dan Isa. Satu hal yang perlu dicatat disini adalah Nabi Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub, dan anak cucunya tidak beragama Yahudi. Perbedaan antara anak keturunan Ishak dan Ismail hanya berupa perbedaan bangsa bukan agama. Agama yang dianut oleh Ibrahim, Ishak, Ismail, Yakub, Musa hingga Isa dan Muhammad SAW adalah sama yaitu agama yang mengajarkan monoteisme dengan Allah sebagai Tuhan yang satu. Inti ajaran ini pun terdapat pada kitab yang diturunkan kepada Musa (Taurat), Isa (Injil), dan Muhammad SAW (Al-Qur’an). Perbedaan antara ketiga kitab suci tersebut hanya terletak pada penerapan syariat dan tatacara beribadah. Namun dalam perjalanannya terjadi perbedaan penyebutan terhadap ketiga agama tersebut. Pada dasarnya setiap orang yang meyakini ketunggalan Allah dan mengikuti nabi-nabinya disebut sebagai muslim. Dengan demikian Dari Ibrahim, Ishak, Ismail, Yakub, Isa, hingga Muhammad SAW dan semua pengikut setianya disebut sebagai muslim. Sedangkan penyebutan Yahudi untuk ajaran yang dibawa nabi Musa dengan Taurat sebagai kitabnya dan Nasrani untuk ajaran nabi Isa dengan Injil sebagai kitabnya lebih cenderung berasal dari penisbatan oleh manusia. Orang-orang yang menerima dan memakai Taurat yang tidak murni lagi menamakan diri mereka dan agama mereka dengan nama Yahudi. Begitu juga dengan orang-orang yang memakai Injil yang tidak murni lagi menamakan diri mereka sebagai Nasrani.

Lalu darimana sebutan atau kata Yahudi berasal ?. Banyak perbedaan pendapat mengenai darimana tepatnya kata Yahudi berasal. Dalam bahasa Inggris kata Yahudi disebut dengan kata Jew. Pandangan mengenai asal kata Jew dalam bahasa Inggris ini juga berbeda-beda. Tetapi pandangan yang paling banyak adalah kata Jew tersebut berasal dari bahasa Yunani Ioudaios, yang diturunkan ke dalam bahasa Latin menjadi iudeus, dan diturunkan ke dalam bahasa Perancis Kuno menjadi juieu yang kemudian berubah menjadi giu. Dalam bahasa Latin kata Judaean digunakan untuk menyebut orang-orang yang berasal dari daratan Judaea. Dalam bahasa Hebrew kata Jew diucapkan menjadi ye-hoo-DEE. Setiap negara biasanya memiliki padanan kata sendiri untuk kata Jew atau sebutan bagi orang-orang Yahudi. Di Jerman digunakan kata “Jude”, Perancis menggunakan kata “juif”, sedangkan Denmark menggunakan kata “jøde. Kata “Jude” dalam bahasa Jerman diucapkan yoodeh. Kata Hebrew juga bisa digunakan untuk menyebut orang-orang Yahudi seperti Hebreo (Spanyol), Ebreo (Italia), dan Еврей(Yevrey) di Rusia[1]. Dalam bahasa Indonesia kata Jew diterjemahkan menjadi Yahudi.

Peradaban bangsa Israel mengalami kemajuan dan kemunduran yang silih berganti. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa bangsa Israel erat kaitannya dengan nabi Yakub dan keturunannya. Lalu sejak kapan bangsa Israel memiliki suatu tempat tinggal atau peradaban yang menetap. Pada zaman nabi Musa as, bangsa Israel mengalami penindasan dan penderitaan yang tiada tara. Ketika itu bangsa Israel diperlakukan sebagai bangsa budak dan hak-hak mereka sangat dibatasi oleh raja Fir’aun (Penguasa daerah Mesir). Allah menurunkan nabi Musa as untuk mengangkat derajat bangsa Israel melawan kekejaman raja Fir’aun yang menyatakan dirinya sebagai Tuhan yang harus disembah. Pada saat nabi Musa as berusia masih balita, raja Fir’aun mendapat nasehat dari para tukang sihir dan peramalnya untuk membunuh semua anak laki-laki bangsa Israel. Hal ini dilakukan karena para peramal kerajaan meramalkan bahwa kerajaan Fir’aun akan diruntuhkan oleh salah seorang keturunan dari bangsa Israel. Berdasarkan kisah yang sudah maklum kebenarannya di masyarakat, nabi Musa diselamatkan oleh Allah dari pembantaian tersebut dan kemudian diasuh dan diangkat menjadi anak oleh istri Fir’aun. Sebenarnya Fir’aun pun ingin membunuh anak yang ditemukan oleh istrinya tersebut ketika hanyut di sungai. Namun karena kecintaannya kepada istrinya, Fir’aun pun mengizinkan istrinya untuk mengangkat anak tersebut menjadi anaknya dan dibesarkan di dalam lingkungan kerajaan. Setelah dewasa nabi Musa as keluar dari Istana dan memimpin bangsa Israel untuk melawan kekejaman Fir’aun. Walhasil Fir’aun pun dapat dikalahkan dan kerajaannya pun hancur. Kemudian nabi Musa as bersama bangsa Israel berpindah dari Mesir menuju semenanjung Sinai dan timur Kanaan (Palestina). Setelah nabi Musa as, bangsa Israel dipimpin oleh seorang nabi yang bernama Daud. Setelah berhasil mengalahkan kekejaman raja pada masanya, nabi Daud as kemudian mendirikan kerajaan Israel di Kanaan (Palestina). Kehidupan bangsa Israel pada masa pemerintahannya lebih baik dan terjamin dari masa sebelumnya. Setelah nabi Daud as meninggal, kerajaan Israel diteruskan oleh putranya yaitu nabi Sulaiman as. Pada masa pemerintahan nabi Sulaiman as, wilayah kerajaan Israel diperluas dari sungai Nil di Selatan hingga ke sungai Eufrat di Utara. Tidak hanya itu, nabi Sulaiman as juga diberikan kekuasan oleh Allah SWT untuk memerintah makhluk selain manusia yaitu bangsa Jin dan hewan. Nabi Daud as dan anaknya nabi Sulaiman as memerintah bangsa Israel dengan syariat dari Allah SWT dan dengan keyakinan yang masih lurus dan benar. Setelah wafatnya nabi Sulaiman as, bangsa Israel mulai mengalami kemunduran. Bahkan kerajaan Israel yang didirikan oleh nabi Daud as dan dikembangkan oleh Sulaiman as harus terbagi dua yaitu di sebelah utara dengan ibukota Samarria dan di selatan dengan ibukota Yerusalem. Tidak hanya itu, keyakinan yang semula lurus pun semakin terkikis dan terpengaruh kembali dengan ajaran-ajaran berhala yang menyekutukan Allah SWT. Terlebih lagi para rahib dan pendeta bangsa Israel mengubah-ubah isi Taurat yang diturunkan. Dengan demikian Taurat sudah terkena campur tangan manusia dan tidak menjadi suci lagi. Kemudian untuk menyelamatkan keadaan ini dan memurnikan kembali ajaran Taurat, Allah SWT menurunkan nabi-nabi kembali kepada bangsa Israel. Namun karena keangkuhan dan sifat keras kepala, bangsa Israel menolak nabi-nabi tersebut, bahkan nabi-nabi tersebut mengalami penindasan seperti pengusiran dan pembunuhan. Bahkan nabi Isa as pun mengalami pengejaran untuk disalib. Tetapi Allah menyelamatkan nabi Isa dengan menyerupakan salah seorang dari bangsa Israel seperti nabi Isa. Kemudian Allah mengangkat nabi Isa yang sesungguhnya ke langit. Sifat buruk bangsa ini tidak hanya menolak kedatangan nabi-nabi, tetapi juga melakukan penganiayaan, pengusiran, bahkan peperangan di kalangan mereka sendiri. Suku dari bangsa Israel yang kuat menindas suku yang lemah. Atas kesalahannya sendiri, bangsa Israel kemudian ditaklukan oleh kerajaan Assyurriea dan Babilon. Sebagian besar bangsa Israel berpencar ke berbagai belahan dunia akibat dari serangan kedua kerajaan tersebut. Kemudian pada sekitar tahun 539 SM, ketika raja Persia Kyros berkuasa, bangsa Israel diizinkan untuk kembali ke kampung halaman mereka. Namun, banyak diantara mereka yang tidak kembali ke kampung halamannya dan tetap tinggal di daerah perantauan masing-masing. Lalu pada tahun 63 SM, kerajaan Romawi berhasil menaklukan wilayah Palestina, tempat dimana kerajaan Israel pernah berjaya. Kehancuran de facto kerajaan Israel menyebabkan kerajaan Israel terhapus dari percaturan kekuasaan dunia. Mungkin hal ini yang menyebabkan penggunaan kata Israel semakin pudar dan tergantikan dengan kata Yahudi. Maksudnya orang-orang diluar bangsa Israel lebih mudah mengidentifikasi mereka berdasarkan keyakinan yang mereka anut yaitu Yahudi. Memang sulit menentukan kapan kita harus menggunakan kata Yahudi dan Israel. Yang jelas kedua kata tersebut sangat berhubungan erat. Oleh karena itu, untuk pembahasan selanjutnya penulis akan lebih sering menggunakan kata Yahudi untuk sebutan mereka karena sesuai dengan tema dan judul buku ini. Namun terkadang penulis juga akan menggunakan kata Israel bila berhubungan dengan sesuatu hal yang cocok dengan kata Israel tersebut seperti untuk penyebutan negara Yahudi yang sedang menjajah Palestina saat ini. Karena memang orang-orang Yahudi telah jelas memproklamirkan negara mereka dengan nama Israel. Walau mereka telah memproklamirkan sebuah negara Israel Raya di wilayah Palestina, tetapi tidak sepenuhnya orang-orang Yahudi yang tinggal di berbagai penjuru dunia pindah ke negara baru tersebut. Secara populasi mereka merupakan bangsa yang minoritas di jagad raya ini.


[1] http://en.wikipedia.org/wiki/Jew.

123 Komentar (+add yours?)

  1. BAsuki
    Mar 19, 2011 @ 23:07:18

    Gile..,Harus hati” dengan mereka (Yahudi) & pemikirannya

    Balas

  2. ozhie
    Mar 27, 2011 @ 16:06:42

    subahnallah luar biasa,,nampaknya sy tertarik mengkaji mengenai yahudi..
    karena kita tahu yahudi terkenal dengan kekuatan ekonominya..
    sehingga kita hrs belajr kenap mereka bisa begitu?

    Balas

    • yayah
      Feb 17, 2013 @ 23:03:08

      Ya…karna bangsa yahudi itu bangsa yg diberkati Tuhan Allah…dan siapa yg memberkati bangsa israel akan diberkati Allah dan barang siapa yg mengutuk bangsa israel akan dikutuk Allah. Itu da JANJI Allah sendiri kepada bapa leluhurnya.

      Balas

      • cinderella
        Mar 12, 2013 @ 12:59:10

        mana buktinya??

      • tania
        Jul 18, 2013 @ 12:24:23

        diberkati Allah it pada jaman dulu om… Dan setelah nabi isa di angkat allah ke langit.. Yahudi semakin srakah dan semakin kafir.

      • lily
        Jul 16, 2014 @ 15:50:12

        Iya tp bgs israel yang mana dulu? Sejati nya bgs israel adalah bgs yg di berkati allah, yg tdk menyekutukan allah. Tapi klo bgs israel yg skr membantai kaum muslim palestina itu bukan bgs israel yg di berkati allah tp bgs yahudi yg di laknat allah krn mrk bukan yahudi islam tp yahudi kafir yg mempelajari kitab talmud yg menyesatkan.jadi hrs bisa membedakn antara israel dan yahudi

      • Anonim
        Des 11, 2014 @ 17:13:51

        Setelah nabi daud sulaiman mati yahudi sudah membelot dr ajaran taurat malah malsuin

  3. auliarakhman
    Sep 30, 2011 @ 14:50:41

    yg saya tahu ttg yahudi adalah mereka ‘ANGKUH”….

    Balas

    • yayah
      Feb 18, 2013 @ 23:06:04

      Ya anda benar. Kenapa??
      Karna mereka tau bahwa mereka itu adalah Bangsa Pilihan Allah…

      Balas

      • heningg
        Nov 14, 2013 @ 17:52:56

        Seremmm ath yaa klo yahudi udh menyebar dmana2 mah,,,

      • Anonim
        Des 31, 2013 @ 22:04:54

        Tidak mesti begitu jawabannya bro, masa bangsa pilihan Tuhan angkuh? Aya aya wae ah. Lg komentar atau lg cuapa2?

      • Anonim
        Jul 16, 2014 @ 14:02:02

        iy bangsa pilihan Allah swt. tuk penghuni neraka

      • Anonim
        Feb 24, 2015 @ 16:25:45

        yayah anda benar dan sangat sangat benar,, kan pilihan allah (dibaca biasa) bukan pilihan Allah SWT dalama Al Qur’an ,,, ni tak kasih tau allah itu adalah nenek moyang buyutnya IBLIS,, nah yang di berkati Allah SWT / Tuhan YME adalah kaum yg dulu/yg aslinya,,, bukan yang sekarang,, itu jg aku baca dibuku agama mu,,

  4. andrew
    Nov 22, 2011 @ 13:17:00

    aku ingin nanya pd penulis , ini hasil contekan ,apa karangan sendiri,? kl anda tidak bs menunjukkan bukti yg akurat,sy kira ga bisa pembaca untuk percaya 100%.,sy ingin menanggapi ttng tulisan anda,yg menyebutkan ,bahwa allah menyelamatkan nabi ISA,dg cara ,Allah mengorbankan manusia yg mirip ISA, tlng sebutkan dalih,didlm kitab suci manapun,entah alquran, injil.atau kitab cuci yg lainya, !! ingat hai manusia,,Allah itu maha segalanya,KL HANYA INGIN MENYELAMATKAN NABI ISA,tidak perlu tuhan mengorbankan manusia yg tidak berdosa,.jgn sekali kali mendiskreditkan Allah,.sbagai contoh Allah berkarya lewat nabi Musa ,yg mampu membelah laut merah untuk menyelamatkan bangsa israel…

    Balas

    • senie
      Jan 11, 2012 @ 12:09:44

      orang yg d serupakan dgn nabi isa a.s itu adalah org yg berdosa krn dialah yg menghianati nabi isa dan kaumnya.
      Coba cek deh d al-qur’an klo msh ga percaya.
      Anda ga tau itu krn anda bkn muslim.alloh itu maha adil dan bijaksana

      Balas

      • yayah
        Feb 17, 2013 @ 23:07:43

        Orang yg menghianati isa itu adalah muridnya sendiri namanya YUDAS ISKARIOT dia mati gantung diri karna dosanya…bukan disalibkan seperti yg ada pada kitab suci anda. Itu SALAH.

      • subhana
        Jul 14, 2016 @ 16:49:48

        serem banget nabi isa di selamat oleh allah dengan cra mengangkat nya dan murid yang berhianat kpd nabisa d bunuh

    • Rahmah Amah Ningsih
      Okt 31, 2012 @ 19:45:49

      lihat aja mas di Al-Qur’an,,,kalo ngax bisa ngartikan bahasa Arabnya,,,beli yang ada terjemahannya.

      Balas

    • Anonim
      Mar 03, 2013 @ 12:52:25

      Pasti anda bukan Muslim

      Balas

  5. acai
    Jul 11, 2012 @ 23:32:31

    yahudi artinya jenius,l=karna jenius mereka tidak mempercayai adanya tuhan,makanya isa almasih raja org jenius yg banyak megadakan muzijat.liat garis keturunan nabi ibrahim mempunyai 2 anak ismail garis keturunan putus lalu berlanjut ke muhammad,isaq garis keturunannya berlanjut yakub ,yusup,dst sampai isa almasih.marilah kita awasi ajaran kita awasi diri kita sbab dari buahnyakita dapat melihat.makanya ada tersurat tuhannya ibrahim,yakuq dan isaq

    Balas

    • gaul
      Sep 30, 2012 @ 16:02:38

      tw dari mana klo garis keturunan ismail terputus lalu tersambung ke nabi muhammad…??
      lihat sejarah dengan objektif, jgn berdasarkan agama siapapun..
      semua sejarawan juga tw garis keturunan nabi ismail hingga nabi muhammad..
      dan semuanya bisa dipertanggung jawabkan..
      dalam islam juga di ajarkan menganai keturunan dari nabi ishak..
      justru lebih terperinci..
      silahkan baca al-qur’an..

      Balas

      • yayah
        Feb 17, 2013 @ 23:27:02

        Ismailkan anak dari perselingkuhan ibrahim ama hagai (pembantunya sarai) jadi muhammad itu keturunan dari budaknya sisarai donk…masa bisa keturunan budak diistimewahkan dari keturunan istri yg sah??

    • Anonim
      Sep 25, 2013 @ 01:58:57

      ngomong opo ra nggenah

      Balas

  6. yayah
    Feb 17, 2013 @ 23:16:58

    Dari tulisan anda ini sudah jelas bahwa alquran itu adalah kitab CEPLAKAN dari Alkitab…dan mengurang-urangi sebagian lalu menambah-nambahi. Contohnya: yg merawat nabi musa itu bukan istri firaun melainkan putri kesayangan firaun…lalu dan nabi suleiman tidak pernah ada 1 ayat dalam Alkitab yg menyatakan Dia dikasih kepercayaan untuk memerintah bangsa JIN atau hewan. Dan nabi isa tidak pernah tertulis di alkitab selamat dari kayu salib. Dia mati disalibkan dan disaksikan banyak orang-orang termasuk murid2nya…itulah jadi saksi atas semuanya itu. Anda menuliskan ini dengan banyak kesalahannya. Maaf mengomentari.

    Balas

    • wong edan.
      Feb 06, 2014 @ 09:56:26

      Sy ini tidak punya agama tapi sy bisa membedaka mana yg baik dan benar tidak mungkin tuhan kita sendiri kita jadikan seperti oorang bego. Dipikul rame2 lalu disalip ampe mate sama aja kt bunuh tuhan kt sendiri katanya kl bunuh orang dosa koq bunuh tuhan ga dosa ajaran dr mana tuh

      Balas

    • Anonim
      Jul 16, 2014 @ 14:12:12

      alqur’an itu bkn ceplakan.. melainkan penyempurnaan dr kitab2 sblum nya yg d turunkan oleh Allah swt tuk nabi muhammad saw.

      Balas

    • Anonim
      Jul 18, 2014 @ 03:18:03

      Sampean pasti bukan muslim yaa…
      Jelas saja beda agama…
      Jelas kitab isinya beda..
      Buku PPKN sama buku IPA saja isi beda judul beda..
      Apa lagi kitab…

      Balas

  7. yayah
    Feb 17, 2013 @ 23:23:00

    Karnah sudah dibajalah isi dari alquran itu, maka bisa mengambil kesimpulan bahwa isinya itu penuh dengan rekayasa…tidak nyambong tau ayat demi ayat…dan kalau memang ayat alquran itu dari sorga kenapa ada cara2 untuk memelet wanita, membunuh lawan…dan ilmu2 sesat..coba jelaskan..apakah ini namanya ayat suci?? Ada PELET didalamnya.

    Balas

    • cinderella
      Mar 12, 2013 @ 13:12:54

      kamu bukan tuhan,jd tau drmna yg benar n yg salah?? kamu blg al-qur’an jiplakan alkitab yg d kurangi n d tmbh2i.. lah memang bener.. al-qur’an itu kan diturunin buat menyempurnakan kitab sebelumnya. trus tau drmna kamu klo al-qur’an penuh rekayasa?? d ajaran agama saya justru kitab anda yg sudah kena campur tangan manusia yg mau menyalahi itu kitab.. tp saya g mau nge-judge yg mna yg bner n yg slah, yg pasti saya mau memperthanin agama saya. jd lebih baik anda jg urus aj agama anda sendiri. yang ada di al-qur’an itu ‘untukku agamaku dan untukmu agamamu’.. g ada tuh pelet n apalah fitnah yang kamu sebutkan d atas.. inget ya, fitnah lebih kejam dr pembunuhan lho… apalagi fitnah kitab sucinya banyak umat.. siap2 ya ngerasain jilatan api neraka.. tapi ya terserah kalo kamu mau banyak-banyakin dosa mah.. emang gue pikirin..

      Balas

    • Anonim
      Jul 16, 2013 @ 11:56:27

      @yayah: Sejauh mana Anda mengenal Konsep ketuhanan Anda? filosofi Anda tentang Isa as sebagai Tuhan Esa yang satu? Tuhan dilahirkan ? Di agungkan dengan lahir dari seorang wanita kaum penggembala ?
      Isa itu hanya utusan, nabi pembawa kedamaian bagi seluruh Alam
      Muhammad Nabi Akhir pembawa Rahmat bagi seluruh Alam

      Balas

      • deleted
        Jul 18, 2014 @ 03:25:24

        Yayah
        Komentar anda terlalu ngawur dan berani…
        Bisakah saya meninta email atau nomor telpon ada…

    • reano
      Okt 31, 2015 @ 16:58:12

      dari penjelasan anda, saya mengambil kesimpulan anda bukan orang yang belajar.. jujur baca coment dari atas sampe bawa saya merasa geli.. kebenaran islam itu sudah sangt jelas sejelas hitam n putih.. hari ini masih diperdebatkan? it’s funny.. intinya kalo mau tau kebenaran sejati, pertama tama kamu hrus bersihkan hati n pikiran dari sifat sombong, dengki, dll.. kemudian harus jujur dengan diri sendiri, setelah itu pelajarilah apa yang ingin kau ketahui dari berbagai sumber islam, kristen, ataupun sumber umum.. insya Allah kau akan temukan kejelasannya..

      Balas

  8. qoni
    Feb 18, 2013 @ 04:53:28

    MAaf itu hanya kesalahfahamman,,syetn telah membelokan ke arah yang seperti itu padahal isi qur’an sendiri berisi do’a,kisah nabi & rasul, serta petunjuk hidup tidak ada cara pelet kayak gituan,,,coba mba baca al-qur’an terjemahan.y tapi kl bisa baca tafsirannya untuk mempermdah pemahamannya,mungkin dr situ mba mendapat banyak pengetahuan,,kita sm2 belajar ya mba

    Balas

    • qoni
      Feb 18, 2013 @ 04:56:33

      maaf mba yang dimaksud pelet itu ayat mana.y?? saya tdk prnh menemukan,,mending baca dulu deh tafsiran al-qur’an kl penasaran

      Balas

  9. Anonim
    Mar 23, 2013 @ 16:07:42

    telah jelas yang hak dan yang batil
    kelak Nabi Isa as kan turun ke dunia untuk meyingkap fitnah
    dan akan menghancurkan salib
    kaum yahudi adalah bangsa yang d’laknat ALLOH
    ( QS, Al-Baqoroh 2; 61 , 87 – 90 ) Ali – Imran 3; 86 – 89 )

    Balas

  10. Diyas Ahmad Fitrah Al'Kaff
    Mar 24, 2013 @ 19:25:23

    agama adalah pandangan yang mutlak, tidak tepat untuk diperdebatkan, bahkan dalam kajian ilmiah pun merupakan hal yang tabuh memperbincangkan kebenaran dan keabsahan suatu agama, apalagi hanya lewat forum yang bahkan menurut saya jauh dari kata formal, sekarang sudah jaman modern, sudah tidak begitu jaman perang karena agama, akan jauh lebih baik jika kita pertahankan keyakinan kita bahkan memperdalam ilmu-ilmu yang ada didalamnya tanpa menjatuhkan martabat serta merendahkan agama lain. kebenaran hanya milik Tuhan, siapa yang menjamin apa yang kita jalani 100% seperti yang Tuhan inginkan ?! jadi ya mari kita hidup berdampingan tanpa harus merendahkan, kita Indonesia, kita SATU, ingat itu ! (masih sangat berharap kritikan anda, karena pandangan saya pasti berbeda dengan anda)

    Balas

  11. Anonim
    Apr 04, 2013 @ 22:12:51

    kenapa dlm al quran sering ada kata kami dlm penyebutan tuhan aloh berarti tuhan nya banyak

    Balas

    • ana muslim
      Jun 18, 2013 @ 22:21:06

      Al-Quran diturunkan dalam bahasa Arab. ‘Aku’ kata jamaknya ‘Kami’ yang menggambarkan tentang ‘Allah dan keagunganNya’ . Bukankah Queen Elizebeth ketika bertitah, beliau guna ‘We’ bukannya ‘I’?

      Balas

  12. aang seno
    Apr 30, 2013 @ 23:11:26

    kurang jels dn lengkap

    alias kurang panjng berbelit2 bisa dibikin ceritakann

    Balas

  13. Anonim
    Jun 07, 2013 @ 15:52:22

    cerita bersambung……………………………………………

    Balas

  14. Annuit coeptis
    Jun 23, 2013 @ 09:30:27

    Secara kenegaraan, Yahudi menjadi perbincangan hangat ketika inggris memberikan mereka daerah untuk membentuk suatu negara merdeka.

    dan secara individu yahudi menjadi pembicaraan yg hangat ketika redchild, seorang yahudi menjadi pendiri bank swasta yg memiliki perwakilan dimana-mana negara sehingga keuangannya mampu mengatur suatu negara atau putaran uang dunia.

    itu tentang seseorang yg sukses dan kebetulan beragama yahudi sehingga meningkatkan pamor yahudi, serta boleh jadi pembentukan negara yahudi oleh inggris adalah hasil karya keuangan dia.

    Tentang yahudi di dalam quran lain lagi. Yahudi bernabikan uzair. Sehingga yahudi di quran menyatakan bahwa uzair putra tuhan. Seperti pernyataan nasrani di quran bahwa isa putra tuhan. Nasrani adalah agama, bani israil adalah nama kaum dan isa adalah rasul yg diutus terhadap kaum itu. Yahudi adalah agama, kaum tidak diketahui namanya dan uzair adalah rasul yang diutus untuk kaum itu.

    itu nabi mereka yg mukjizat diberikan tuhan begitu hebat sehingga mereka mengatakan nabi mereka putra dari tuhan. Nah golongan dari masing-masing kaum nabi ini lah pembentuk agama yahudi dan nasrani.

    Tuhan tidak pernah menetapkan yahudi dan nasrani menjadi agama semenjak ibrahim telah menyatakan muslim. Jd mulai dari ibrahim hingga muhammad semua para nabi dan rasul adalah muslim dengan agama islam.

    Intinya, yahudi dan nasrani adalah bentuk ajaran yg lahir dari pengkultusan nabi mereka setingkat tuhan. Dan ajaran ini muncul setelah para nabi tersebut tiada terlebih dahulunya.

    Itu tentang munculnya agama yahudi atau nasrani.

    Tentang kaum mereka, yahudi entah berasal dari kaum mana ketika uzair diutus ke mereka. Dan sebahagian bani israil lah pembentuk agama nasrani. Jd bingungkan? Quran gak pernah mengatakan bahwa bani israil beragama yahudi, tetapi quran mengatakan bani israil untuk kaum isa yg setelah ia mati muncullah agama nasrani di kalangan bani israil.

    Untuk perilaku, bani israil adalah mantan budak seperti suku negro di amerika, dan juga penakut berperang seperti kisah setelah menyeberangi lautan. Dan kaumnya yahudi seperti tulisan saya diatas, nama bani/kaumnya tidak diketahui dan nama uzair hanya muncul sekali dalam quran.

    Itu tentang yahudi dengan nama bani/kaumnya yg misterius dan tentang nasrani dengan bani israilnya didalam quran.

    Nah coba match kan yahudi era sekarang dengan yahudi era quran, pasti terdapat ketidakcocokan.

    Nah ketika tidak ada kecocokan pada dua kisah yg sama cerita nya maka rumusannya adalah:
    1. Salah satunya yg benar.
    2. Dua-duanya salah.
    3. Mustahil dua-duanya benar.

    Mana yg anda yakini?, yg terlihat dimata saat ini melalui tv dan buku atau quran?

    Karena yahudi sekarang merampas “hak cipta intelektual” nasrani yaitu bani israil.

    Atau ini merupakan propaganda pembohongan publik yg telah disusun puluhan tahun oleh golongan setan/para auliya setan sebagai bentuk perlawanan terhadap golongan allah?

    Believe it or not by novus.ordo_seclorum@rocketmail.com

    Balas

  15. youdi cilo
    Jun 26, 2013 @ 23:03:01

    knapa tuhan allah menurunkan rosul dan nabi dari bani isra,el.. karena bani isra,el ini manusia super pembankan.. dan berkhianat.. berdusta.. dan ingkar janji..tak akan selesai satu nabi meminpin.. bani isra,el. dan melurus kan ajaran ktauhidan.. yg di wahyukan kpada..nabi dan rossul nya..

    Balas

    • Anonim
      Jun 22, 2014 @ 16:21:25

      Ramai lagi nabi2 dan rasul2 yg diutus kpd bangsa la … ada faham??? Ada juga nabi2 yg bukan dr banga Israel disebut dlm Al Quran…

      Balas

  16. Anonim
    Agu 04, 2013 @ 01:25:45

    Apapun kata kalian mengenai agama islam, aq akan tetap meyakini dan memeluk agamaku berpegangan kepada kitab suci al-qur’an dalam menjalani hidupku, tapi aq mohon jgan menghina tuhanku allah, isi al-qur’an, nabi muhammad saw, krna darah dan daging org yg menghinanya itu di halalkan wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Balas

  17. Muhamad Muslih
    Agu 15, 2013 @ 15:34:59

    “Untukmu agamamu, untukku agamaku” (Al-Kafiruun, ayat 6)

    Balas

  18. Anonim
    Agu 31, 2013 @ 01:53:50

    laa ilaha illaallah.
    coba baca piagam madinah,apa piagam madinah itu?jika ada yg mengatakan/dikatakan dirinya tuhan,suruh dia menciptakan bumi dan isinya,lalu menjaga seluruh mahluknya.

    Balas

  19. Speed Freak 201 Meters
    Sep 02, 2013 @ 22:28:35

    Point : You and Me are BROTHERS and SISTERS in a between of what we believe .. FAITH >> be hold what you believe until the end .. such a mystery beyond of human’s Logic ,, Second Live will prove everything from all that we believe in this Life .. I LUV YOU ALL🙂 GBU

    Balas

  20. Annuit coeptis
    Sep 19, 2013 @ 18:14:42

    Nih link yahudi di indonesia kata mbah google dan di sana (indonesia) terdapat tugu menorah terbesar di dunia…
    http://indocropcircles.wordpress.com/2012/02/18/di-manado-terdapat-tugu-menorah-zionist-yahudi-terbesar-di-dunia/
    by novus.ordo_seclorum@rocketmail.com

    Balas

  21. jontor
    Okt 13, 2013 @ 07:09:08

    penulisan ini kurang otentik karna berdasarkan asumsi dari penulis..

    Terlebih lagi para rahib dan pendeta bangsa Israel mengubah-ubah isi Taurat yang diturunkan. Dengan demikian Taurat sudah terkena campur tangan manusia dan tidak menjadi suci lagi

    dalam hal ini yang dilanggar adalah aturannya bukan merubah isi dari kitabnya…( jadi jangan dibuat mengubah-ubah.. karna pemahaman tsb bisa berbeda.. ) atas dasar apa saudara bisa berasumsi seperti itu..??

    Kemudian untuk menyelamatkan keadaan ini dan memurnikan kembali ajaran Taurat, Allah SWT menurunkan nabi-nabi kembali kepada bangsa Israel.

    disini anda mengatakan memurnikan kembali ajaran.. berarti yang dibalikan adl aturan / norma yg benar kembali.. jadi bukan isi kitab yg dibetulkan kembali…!!!

    Pada dasarnya setiap orang yang meyakini ketunggalan Allah dan mengikuti nabi-nabinya disebut sebagai muslim. Dengan demikian Dari Ibrahim, Ishak, Ismail, Yakub, Isa, hingga Muhammad SAW dan semua pengikut setianya disebut sebagai muslim

    dalam hal ini jadi rancu lagi.. karna kalau kita kembali pada zaman tsb.. istilah muslim pasti belum ada.. jadi jangan menambahkan istilah yang ada pada zaman yang jauh sesudahnya….

    Balas

    • A.Vaulina (@angiekeeley)
      Okt 15, 2013 @ 17:05:32

      setuju nabi ibrahim bahkan isa sekalipun pada saat itu menurut sejarah beragama yahudi, islam belum ada saat itu, jadi kata penulis yang mengklaim semua nabi diatas islam itu jelas-jelas tidak tepat!

      Balas

      • Hamid Alhamid
        Okt 24, 2014 @ 06:32:50

        sungguh simple menjawab pertanyaan anda karena jawabanya sudah ada dalam alquran itu sendiri

        Sapi Betina (Al-Baqarah):140 – ataukah kamu (hai orang-orang Yahudi dan Nasrani) mengatakan bahwa Ibrahim, Isma’il, Ishaq, Ya’qub dan anak cucunya, adalah penganut agama Yahudi atau Nasrani?” Katakanlah: “Apakah kamu lebih mengetahui ataukah Allah, dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang menyembunyikan syahadah dari Allah yang ada padanya?” Dan Allah sekali-kali tiada lengah dari apa yang kamu kerjakan.

      • Hamid Alhamid
        Okt 24, 2014 @ 06:35:55

        Keluarga ‘Imran (‘Āli `Imrān):67 – Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang lurus lagi berserah diri (kepada Allah) dan sekali-kali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musyrik.

    • heningg
      Nov 14, 2013 @ 18:10:21

      Kta siapa yaa pelet keluar dri al_quran,ak bru tauu,,,coba baca dn renung kan lah,semua nya memberi petunjuk d jaln kebaikan,ters ak mau nanya yaa bunda maria itu siapa,kudus itu siapa yg d salib itu siapa,,berarti klo semua nya d sembah,tuhan nya banyakk donkk,,kan kta anda ƍä tdi tuhan itu satu ters klo satu ko yg d sembah nya banyakk gtu,,,,klo anda pergi k greja d sna banyak patung2 yg anda sembah,,seperti salib ,bunda maria blm ada malaikat2 ikat yg bugil masa malaikat gtu sikhh emang pernh yaa liht malaikat sehinga bsa d bikn patung seperti it

      Balas

    • heningg
      Nov 14, 2013 @ 18:24:54

      Yaa bener,jgn lah kita saling menyudut kan satu sma lain yaa,tpi ni bikn kita HOT,,,tpi tambhan aj,dlm semua agama tidk ada yg mengajar kan tentang keburukan,pasti semua nya mengajar kan tentang kebaikan,,,nah degn isi nya kebaikan itu lah kita hars memperbaiki dri sendri dlu,,seblm mengoreksi org lain,,,,iyaa ƍä! Bukn d dalah al_quran klo than kalian banyk iya ƍä,dn bukn pula al_quran yg jiplak al kitab kalian,,,al quran itu petunjuk manusia yg terakhir berarti lebh sempurna dri kitab2 sebelm nya,klo isi kitab kalian ada yg bda kan sma pendeta kalian sendri banyk yg d rubah,cobaaa,,siapa yg salahh!!! Yaa inti na ma lah,aq jga mintaa maap,! Klo ada kta2 yg ƍä enak,,,siapa sikhh yg ƍä panas saat denger a_quran ada yg bilang gtu iyaa ƍä,krna ak seorg muslim,,,yaa bgi kita semua mau agama apa aj,kita harus saling menghargai menghormati dn menjga satu sma lain,jgn saling meledek menghina dn mendzolimi,,krna d setiap agama kan tdk mengajarkan keburuka iaa ƍä,apa salh nya kita saling merangkul dn menghargai,,itu lebh enak dn damai iyaa ganga ada perselisihan lg ƍä ada perdebatan maslh agama lgi,,,,mari lah kita salingg
      Kita percaya agama masing2 kita percaya kepercayaan masing2,,,dn kita teladani kita taati ajarann masing2,,,,ak percaya semua nya pasti damai,kan kta yg nulis d atas jga tau kan nabi muhamad nabi terakhir dia kan yg membawa al_quran,berarti al_quran aturan2 yg paling akhir paling sempurna d banding ajaran yg sebelm2 nya,ni cma penyempurnaan aj ko ƍä ada yg salah dlm isi na mah,cma d sempurnakan aj,,,,,sory jga bkn so tau nikhhh yaa cma emang it sikhh yang aq tau,,,,
      Yaa dlm hati qu itu cma اَللّهُ swt dn nabi muhammad saw lah yg no 1 yg ada d hati aq,,

      Balas

  22. ayyalah
    Okt 20, 2013 @ 16:51:11

    Berdebat dgn logika sendiri, wah bisa merusak kepercayaan ini. Komentator ini baru lahir kemarin sore kog pintar ceritaiin sejarah ribuan tahun lalu. Kapan ya internet populer sehingga bisa di internet ini saling menyudutkan.

    Jadi berpegang teguh saja kepada kepercayaan masing2x tdak ada guna saling teror sana sini.

    Allah teguh dalam perjanjian bukan seperti manusia janjinya gak bisa dipegang, penuh dengan tipu2x. kalau israel dijanjikan Allah menjadi negara besar dan terpintar di dunia sudah terbukti di genapi oleh allah.

    Terbayang gak oleh muslim misalnya allah berjanji kepada bangsa arab menjadi negara besar kemudian 100 tahun lagi allah mencabut janjinya lagi””” dan ngomong berkat sekarang sudah saya pindahkan ya ke negara china atau rusia, emang allah itu pedagang yang janjinya hanya bualan gak ada jaminan sebentar2x bisa berubah aneh allah seperti ini betul gak. Itulah bedanya setan dengan allah, setan janjinya berubah2x buat sengsara tidak ada kedamaian yang ada hanya pikiran negatif,

    Jadi pikiran manusia tdk akan sanggup melampaui pikiran allah, hanya manusia bodoh logikanya gampang dicuci. Jadi baik kristen, muslim jangan saling berdebat yoooo. Karena kita hanyalah manusia bodoh,,,, yang tidak melihat langsung sejarahnya.

    Balas

  23. Anonim
    Nov 14, 2013 @ 17:49:47

    Seremmm ath yaa klo yahudi udh menyebar dmana2 mah,,,

    Balas

  24. heningg
    Nov 14, 2013 @ 17:58:43

    Tpi setau ak klo org gantung dri pasti d leher yaa bukn d tangan,klo dia mengantung kan tangan nya d salib pasti ada org ke 2 yg mengantung kan nya ƍä mungkin sendri krna sush hars pemaku tangan 2_2 nya d kayuu kecuali ada yg memaku nya atau yg menyalib nya,inti nya dia bkn mengantung dri kan tpi ada yg menyalib

    Balas

  25. Anonim
    Des 12, 2013 @ 15:46:29

    tinggalkan semua perdebatan sayang…………….kita jalani keyakinan kita aja jangan saling mencela…..tq

    Balas

    • Anonim
      Jul 20, 2014 @ 12:44:25

      aku setuju sayang…

      Balas

  26. Anonim
    Des 15, 2013 @ 17:44:49

    ALLAH Abraham, ALLAH Ishak, ALLAH Yakup bukan allah ismail

    Balas

  27. Batara Surya
    Des 28, 2013 @ 18:37:48

    Yahudi, Nasrani, Islam adalah Agama Samawi dari ketiganya banyak yang beriman, banyak juga yang menyimpang

    Balas

  28. frans candra
    Jan 31, 2014 @ 20:36:03

    Sura 29:27 : “Dan Kami
    anugrahkan kepada Ibrahim, Ishak dan Ya’qub, dan Kami
    jadikan kenabian dan Al Kitab pada keturunannya, dan
    Kami berikan kepadanya balasannya di dunia; dan
    sesungguhnya dia di akhirat, benar-benar termasuk orang-
    orang yang saleh”.

    Kej 21:9-12
    9 Pada waktu itu Sara melihat, bahwa anak yang dilahirkan Hagar, perempuan Mesir itu bagi Abraham, sedang main dengan Ishak, anaknya sendiri. 10  Berkatalah Sara kepada Abraham: “Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak.” 11 Hal ini sangat menyebalkan Abraham oleh karena anaknya itu. 12  Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: “Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.

    Tidak ada nabi dari keturunan Ismail, itu jelas dalam al quran dan didalam Alkitab, bahwa hanya keturunan Ishaklah yg disebut keturunan Abraham tidak ismail. Jadi kesimpulan nya muhammad bukanlah seorang nabi karna bukan keturunan Ishak dan Yakub.

    Balas

    • Anonim
      Mar 04, 2014 @ 12:16:48

      Wong gemblung

      Balas

    • noname
      Jul 12, 2014 @ 05:06:06

      Apakah benar hal itu tercantum di kitabmu?jika benar saya sekarang baru tahu dari mana asal kesombongan mereka.dari ayat yg anda sebutkan tersurat betapa sara telah membedakan anak anak ibrahim berdasar dari derajat mereka padahal dia tahu bahwa keduanya adalah benih ibrahim.

      Balas

    • Anonim
      Mar 10, 2015 @ 15:56:08

      heheh,,,itu sumber mu alkitab generasi kbrpa??
      alkitab klenn itu kayak undang-undang peraturan negara,,mana yg gak pas bisa di revisi sama kardinnal atau siapalah yg punya kewenangan..
      udah gitu dikasih nama nama setiap edisi revisinya,,injil matius ,injil johannes dn sbgainya..
      klw gak prcaya kmu kumpulin injil terbitan thn 1900 – skrng, trus baca satu persatu udah pasti ada yg beda isinya,karna itu juga yg mmbuat pendeta,dn biarawati pindah haluan ke islam..
      beda dgn alquran yg dr zaman muhammad saw smp zaman digital skrng ini isinya ttp sama,cuma sampulnya aja yg beda..

      Balas

  29. benyoni
    Mar 29, 2014 @ 00:08:45

    SAUDARA ANTON RAMDAN. SEBELUM ANDA MENGOMENTARI SESUATU. SELIDIKI DULU SEJARAH YG BENAR> 1. YAHUDI ITU BERSAL DARI KATURUNAN YEHUDA. YAITU ANAK KE 4 NABI YAKUB. MAKANYA OARNG ISRAEL SEKARNG DIBILANG YAHUDI, KARENA MEREKALAH DAN KETURUNAN BENYAMIN YG PULANG KEMBALI KE TANAH KANAAN STELAH PEMBUANGAN.,,DARI BABILONIA.,JADI AGAMA YAHUDI ITU , TIDAK DISEBUT AGAMA, ITU SUKU , MERKA TETAP MENGANUT AGAMA YG DIAJARKAN NABI MUSA,, SALAH BESAR KLU ANDA MENYEBUT ISRAEL AGAMANYA YAHUDI,, ITU BUKAN AGAMA.KARENA YAHUDI ITU ADA YG MENGANUT KRISTEN DAN AD YG MENGANUT AGAMA YG DIAJARKAN NABI MUSA ( TAURAT) YG MASIH DILAKSANAKN SMAPI SEKARNG ORANG ISREAL, SALAH SATUNYA YAHIUDI, GITU PAK,,, BIAR ANDA TAU,, 2. ANDA MENYEBUT. NABI IBRAHIM, ISHAK . ISMAIL , YAKUB. MENYMABH Tuhan yg ESA.Dan anda sebut ARTINYA MUSLIM.. coba anda tunjukan kesaya,, adakah kata muslim di taurat dan injil? klu benar isalm menyambah TUHAN YG ESA,, kenapa banyak Ayat di alquran, sellau mangatkan KAMI,, kami itu siapa? bukan kah Kami bannyak? coba anda simak itui,, di injil dan ditaurat Kata Kami tidak pernah dipake Tuhan untuk mengatkan Dia,, selau KATA AKU, adalah AKU,, jadi man dong kebanarannya? selama ini islam selalu mengtakan Tuhan Esa,, Tolong diselidiki kata KAMI itu untuk sebutan siapa? TUHAN KAH, MALAIKTA KAH, MUHAMADKAH? mana Keesaan Tuhan yg disebt dialquran Klu Tuhan sellau Mengatakan KAMI, pd waktu memeberikan WAHYU,TOLONG penjelsannya. thks

    Balas

  30. buahroh
    Mar 31, 2014 @ 17:54:17

    Hagar ibunda ismael adalah budak atau hamba sara yang mempunyai anak ishak. makanya kristen adalah anak anak ALLAH. dan islam adalah hamba allah. sebagai hamba maka petunjuk atau perintah bersifat wajib atau harus, itulah sebabnya di islam identik dengan wajib atau harus. bersukurlah kita kristen karena kita anak -anak ALLAH, seperti ishak mewarisi rumah bapaknya, kita juga mewarisi rumah BAPAK kita di sorga, tapi ingat tentang ajaran kasih, iman dan pengharapan yang semua itu tertuang dalam BUAH ROH seorang pengikut YESUS. sebagai seorang kristen sebaiknya kita mendoakan mereka yang tersesat

    Balas

    • Endalovers
      Mei 07, 2014 @ 00:50:12

      Kata seorang mantan pendeta (Herbert Cornellis Simpson) nih….

      anak anaku,kalau sekiranya bapa kalian katakan telah
      murtad,fasiq,dan pecundang,bapa terima,perlu anaku
      ketahui,bapa telah menemukan jalan yg sebenarnya jalan
      yang diajarkan yesus,jalan yang kemudian disempurnakan
      oleh nabi besar Muhammad saw.setelah bapa melakukan
      dialog panjang baik via sms maupun via akunfacebook,ba
      pa kemudian meneliti kembali semua hasil2 debat itu bapa
      temukan bahwa yesus tdk mati di kayu salib,lihatlah :
      LIHATLAH TANGAN DAN KAKIKU,AKU SENDIRILAH
      INI,RABALAH AKU,DAN LIHATLAH,karena HANTU tidak
      memiliki daging dan tulang,seperti yang kamu lihat
      padaku…YESUS MEMPERLIHATKAN TANGAN DAN KAKINYA
      PADA MEREKA ( lukas 24:39-40)penjelasan yesus itu
      NYATA,BAHWA DIA TIDAK MATI,ATAU MASIH HIDUP,
      lihatlah nak !!!!! pemberitahuan lukas ini dlm lukas
      24:33,” BANGUN ( yesus )….DAN TERUS KEMBALI KE
      YERUSALEM,DISITU DIA MENDAPATI KESEBELAS MURIDNYA
      ( 11 ) mereka sedang berkumpul bersama dengan teman-
      temanya ” SEBELAS NAK,,MANA YANG SATU????,baca lagi
      nak,di markus 16:14.dia menampakan dirinya kepada ke
      sebelas orang itu ketika mereka sedang makan” sangat
      jelas nak bahwa yang disalib dan amti itu adalah YUDAS
      ISKHARIOT,tuhan yang dulu bapa sembah juga oleh
      kalian,kembalilah anakku kejalan yang sebenarnya,ikut
      ilah – sembahlah Allah yang disembah Yesus,masuk
      islamlah nak,jangan sampai kalian kelak dihukum dan
      dicap munafiq oleh TUAN YESUS,karena YESUS BUYKAN
      TUHAN NAK,

      https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=117349911735422&id=100003812428628&refid=17

      Balas

    • deleted
      Mar 10, 2015 @ 16:07:50

      tuhan kok punya anak…inilah akibat belajar dr alkitab yg di revisi..

      Balas

  31. Herman
    Jun 22, 2014 @ 15:52:24

    Nama Yahudi berasal dari nama salah seorang anak nabi Yakub@Israel, iaitu Yahuda!!… bani Israel kan ada 12 puak semuanya berdasarkan 12 anak nabi Yakub .. jadi Yahudi itu orang2 Israel yang berketurunan puak Yahuda.. ada faham??!!!… baca la sejarah kenapa Yahudi menjadi majoriti dalam sejarah Israel…

    Balas

  32. Herman
    Jun 22, 2014 @ 15:59:24

    Nabi2 yg di utuskan kpd bani Israel dari keturunan puak Yahuda; nabi Daud, nabi Sulaiman, nabi Uzair, nabi Zakaria, nabi Yahya , Nabi Isa, dan ada lagi yg lain sebelum nabi Zakaria..

    Balas

  33. Herman
    Jun 22, 2014 @ 16:15:25

    Banyakkan Ilmu tentang sirah para nabi… jangan jadi jahil!!!!!!!!!!!

    Balas

  34. Putri
    Jul 11, 2014 @ 20:34:58

    Beginilah kalau orang yang gak tau apa2 bertekak adu urat. Salah paham semuanya, saling ngejek padahal gak tau kebenarannya. Makanya sebelum ngejudge agama orang pelajari dulu baek2 sampai pahan objek yang mau dicela, biar gak salah pemikiran, jadi ketauan kan oon nya.

    Balas

    • noname
      Jul 12, 2014 @ 04:22:16

      Setahu saya salah satu tujuan Allah menurunkan nabi adalah untuk memberikan peringatan kepada umatnya krn mereka telah menyimpang dari ajaran tauhid.klo kmd keturunan ibrahim dari ishak banyak yg jadi nabi bisa diartikan sendiri donk alasannya? Itulah makanya Allah melaknat umat tersebut krn sudah diberi peringatan berulang ulang tapi mereka tidak sadar sadar.sebaliknya yg terjadi pada keturunan ibrahim dari ismail yg tdk banyak menjadi nabi,bisa diartikan sendiri juga kenapa kan?dikarenakan hal itu Allah menjanjikan akan menjaga sendiri kemurnian Al quran…agar kita umat tauhid tidak tersesat hingga akhir jaman.

      Balas

      • noname
        Jul 12, 2014 @ 04:32:33

        Untuk tahu kenapa nabi nabi keturunan ishak diturunkan bisa baca cerita cerita ttg nabi.disitu akan diketahui apa saja yg telah dilakukan oleh keturunan ibrahim dari ishak.perbuatan mereka menyimpang dari ajaran tauhid sehingga perlu diberikan peringatan dengan menurunkan nabi untuk menyelamatkan mereka.namun mereka tetap mengingkari.sampai Allah yg maha pengasih lagi maha penyayang melaknat mereka dikarenakan mereka yg dzolim dan tidak lagi menurunkan nabi dari keturunan mereka namun menurunkan nabi akhir jaman dari keturunan ismail untuk menjadi rosul seluruh umat.bukan berarti Allah tidak mengasihi mereka namun Allah ingin memberikan contoh bagi umat lain agar belajar dari sejarah dan tidak tersesat seperti mereka

  35. Loew
    Jul 13, 2014 @ 02:23:12

    pada ngomongin apaan orang2 ini, yg satu menghina agama A, yg satu lagi menghina agama B, …
    sekedar pemberitahuan aja,,, yang namanya santet,ilmu hitam, gendam dan sebagainya memang betul itu diambil dari ayat-ayat al-qur’an, tapi semua itu diambil dari penggalan yang terpisah-pisah, lalu digabungkan menjadi satu,, jadi seperti itulah asal mulanya…
    kalo ngomongin tentang nabi nabi, mending percaya aja deh sama agama masing”,,
    toh nanti di akhir jaman tepatnya pas diturunkannya nabi Isa as ke dunia buat membunuh dajjal ,lalu nabi Isa ditanya oleh al-mahdi (seseorang yang berjuang membela islam) , “Wahai Nabi Isa, apakah kamu turun ke bumi untuk membawa agama tuhanmu Allah SWT atau agama yesus Kristen”,, lalu nabi Isa as menjawab,, ” aku diturunkan ke bumi untuk membawa agama tuhanku Allah SWT”,, dan dari situlah umat Kristen berbondong-bondong masuk ISLAM,… Itu janji Allah SWT …

    Balas

    • Anonim
      Jul 20, 2014 @ 12:42:17

      salah itu bro…pikiranya sempit. agama kristen jauh lebih dulu ada daripada agama islam. bedakan antara tahun masehi sama hijriah. jauhkan???

      Balas

      • kaiji
        Sep 03, 2016 @ 14:23:16

        Yesus itu nabi. Bukan tuhan.. yesus adalah nabi isa as. Nabi nya umat muslim juga. Bahkan yesus pernah di sunat pada hari ke-7. Apakah kristen ada yg di sunat? Yesus juga melarang minum alkohol. Apakah kristen mengharamkan alkohol? Semua yh dilarang yesus telah diikuti oleh islam. Karena kitab orang islam juga berawal dari injil yg telah disempurnakan.

  36. gitaayusaputri
    Jul 13, 2014 @ 09:25:33

    owh.. Jadi gituu ceritanya🙂
    thanks atas informasinyaa😉

    Balas

  37. Hart
    Jul 14, 2014 @ 14:15:40

    mantap….ijin copas….

    Balas

  38. Anonim
    Jul 17, 2014 @ 12:17:38

    apa sebelumx isa pernh bilang bahwa dia yesus,dan agamax kristen?

    Balas

    • Hamba Allah
      Jul 18, 2014 @ 13:34:25

      Yang jelas, Injil dan Taurat sudah diedit manusia dan TIDAK SUCI LAGI. Berbeda dengan Al-Quran yang sama sekali tidak pernah disentuh manusia dan hingga saat ini masih suci. Pahami. Kitab suci kok ditiap negara beda bahasa. Kalau AL-QURAN? Di semua negeri tetap menggunakan tulisan arab. Pahami. Dan di Al-Quran banyak kata kata yang tidak bisa diartikan manusia, hanya Allah yang tahu. Masih menganggap Islam tidak sempurna?🙂

      Balas

      • Cah lontong
        Okt 09, 2014 @ 01:09:00

        Mengapa agama islam menyebarkan alquran di seluruh dunia menggunakan bahasa arab? Karena suatu kebutuhan politis, nurut u Allah cuma bisa bahasa arab and tulisan arab ,Allah kan bersifat Universal . karna supaya kalian,” hay hamba allah” bukan Anak allah, ngabisin uang ke Arab . dan penguasa disana makmur. Sedangkan hamba Allah dibutakan sampai akhir jaman…

  39. Anonim
    Jul 20, 2014 @ 12:29:35

    semuanya agama benar. hanya saja hukum taurat yg 10 tidak berlaku di al-quran. padahal itu hukum yg di turunkan allah ke pada nabi musa. kok di bilang al-quran tdk ada yang dirubah? dan masalah bahasa hanya untuk mempermudah utk dimengerti. isinya tidak ada yang di ubah2. yg jelasnya nabi sesudah nabi isa adalah nabi palsu. muhammad setahu saya adalah panglima perang.

    Balas

    • Loew
      Jul 24, 2014 @ 08:08:19

      memang benar muhammad itu PANGLIMA PERANG, tetapi dia adalah panglima perang yang membela ISLAM, dalam arti ber-JIHAD melawan ketidak-benaran kaum YAHUDI yang sudah salah kaprah menyembah berhala,, lalu atas dasar apa anda menyebut nabi Muhammad SAW adalah nabi palsu…
      Terkutuklah diri anda, apabila anda menyebut beliau adalah nabi palsu..

      Balas

  40. Anonim
    Jul 20, 2014 @ 12:37:01

    yesus tidak pernah mengaku kristen. tetapi para pengikutnya yang menyatakan dirinya kristen sesudah yesus mati di kayu salib. criss-salib, tant(ten)- para pengikutnya. salib adalah lambang bagi pengikutnya.

    Balas

  41. Lana
    Jul 20, 2014 @ 14:27:01

    Yg jd tanda tanya Besar.. “Perjanjian lama dan perjanjian baru” itu apaa? Bukankah mengubah aturan dalam kitab.. Artinya campur tangan manusia.. Bukan begitu pemirsa?

    Balas

  42. NoName
    Jul 20, 2014 @ 14:38:14

    Atas dsar apa RasuluLLAH Muhammad SAW d katakan nabi palsu.. ^^” kalau beliau nabi palsu.. Sangatlah hebat seorang manusia biasa menciptakan kitab sesempurna itu.. Pakar peneliti pun hingga saat ini tdk dpat mencari celah kesalahan d dalam Al Qur’an.. kami umat muslimpun meyakini adanya nabi isa as yg d anggap anak tuhan.. Tp nabi isa hanyalah nabi layaknya nabi muhammad.. Bukan anak tuhan.. Hanya krna lahir dr seorang ibu tanpa bapa lalu d anggap anak tuhan.. Nah itu lah kuasa ALLAH.. Jd kesimpulannya hanya pd kesalah fahaman menganggap nabi itu anak tuhan..

    Balas

  43. abraham victoria
    Agu 01, 2014 @ 01:00:30

    Maaf kata yahudi saja anda sudah salah menerangkan,jelas2 yahudi itu suku ke 12 israel yehuda,disini jelas sekali anda terlalu melebih lebihkan,anda mungkin tidak pernah dengar bahwa bangsa israel itu bangsa Pilihan Allah,sudah banyak bukti dan mukjizat yang terjadi atas israel masih dibutakan kah anda dengan yg anda ketahui?seberapa banyak sih populasi israel,tapi melawan israel saja islam tidak sanggup yg umatnya milyaran,dari situ saudara2ku coba review kembali kepercayaan yg anda anut ada apa sebenarnya.

    Balas

  44. abraham victoria
    Agu 01, 2014 @ 01:03:40

    Maaf kata yahudi saja anda sudah salah menerangkan,jelas2 yahudi itu suku ke 12 israel yehuda,disini jelas sekali anda terlalu melebih lebihkan,anda mungkin tidak pernah dengar bahwa bangsa israel itu bangsa Pilihan Allah,sudah banyak bukti dan mukjizat yang terjadi atas israel masih dibutakan kah anda dengan yg anda ketahui?seberapa banyak sih populasi israel,tapi melawan israel saja islam tidak sanggup yg umatnya milyaran,dari situ saudara2ku coba review kembali kepercayaan yg anda anut ada apa sebenarnya.amerika saja tak sanggup melawan yahudi,bangsa israel itu memang terkenal bebal,tetapi mereka itu umat pilihan Allah atas perjanjian abadi Allah dengan Abraham “bahwa keturunan-mu akan menguasai seluruh dunia dan dari keturunanmu semua bangsa di dunia ini di berkati” dimana ada yahudi disitu pasti maju karna apa mulut Allah sendiri yg mengatakan itu,lalu di mana bukti bahwa muslim adalah yg berkati??dimana itu tersurat?

    Balas

  45. abraham victoria
    Agu 01, 2014 @ 01:12:39

    Duli itu palestina atau filistin itu orang akfir makanya meskipun mereka telah memeluk agama tetap aja di habisin israel krna agama mereka peluk itu agama yg percaya jin,setan,kuntilanak,di islam semakin tinggi ilmu agamanya semakin tinggi juga ilmu mistiknya liat aja di tv2 makanya yg mereka tau dikit2 ke dukun nanya ini itu,makanya Allah gak pernah berkati mereka karena mereka duain Allah,hehehhe

    Balas

  46. abraham victoria
    Agu 01, 2014 @ 01:35:52

    Pada akhir zaman (maksd’y setelah Isa) akan banyak nabi-nabi palsu mengaku ngaku seolah olah terang diantara kegelapan,itulah yg trjadi di arab pada zaman kaum Quraisy,LAMBANG SETAN/DAJJAL diartikan 666…brapakah jumlah keseluruhan ayat di Al-quran?? Jawabnya:6666 ayat..Pikir????????????????????

    Balas

  47. dhinoelkoe
    Agu 01, 2014 @ 01:39:24

    Intinya saudara2 mau islam mau kristen mau yahudi kek yg penting kita bersatu,urusin agama masing2 aja lah..dari pada tegang2,masih kaku aja kaya anu,anu aja bisa lemes..

    Balas

  48. Siti Aminah
    Agu 01, 2014 @ 01:41:45

    Tuhan Yesus itu ajaib membawa saya menemukan kebenaran yang kekal

    Balas

    • Anonim
      Sep 28, 2015 @ 21:01:25

      Ewean,,,,ngewe, ngeweeeeee

      Balas

      • deleted
        Sep 28, 2015 @ 21:02:26

        Ewean enakkkkkkkk

  49. Muhammad bertobat
    Agu 01, 2014 @ 01:42:53

    Tuhan Yesus itu ajaib membawa saya menemukan kebenaran yang kekal

    Balas

  50. sulaiman
    Agu 01, 2014 @ 01:46:31

    Saudara saudara muslimku aku telah menemukan kebenaran itu ada pada Tuhan Yesus Kristus yang dulu kita kenal Nabi Isa,Dia adalah benar anak Allah saudaraku,bertobatlah sebelum terlambat saudaraku.

    Balas

    • yesus yg bodoh
      Des 18, 2015 @ 16:26:43

      Kepala otak ko,mo mati ko njink!!t

      Balas

  51. Anonim
    Agu 27, 2014 @ 18:02:18

    omongan ya kya tai semua kya tau agama aja dah mendingan percaya sma agma msing 2 knrna smua agama di ciptakan sama oleh sang pencipta allah yang esa
    soal salah dan benar nanti tuhan yang akan…….

    Balas

  52. Anonim
    Sep 12, 2014 @ 13:35:23

    salah nga jelas perkaranya

    Balas

  53. Anonim
    Sep 12, 2014 @ 13:45:47

    salah nga jelas perkaranya agama atau bukan agama yang jelas”? allah telah mewahyukan kepada nabi muhamad .dalam haji wda .telah……..islam sebagay agamamu

    Balas

  54. Sandy Kurniawan
    Sep 29, 2014 @ 21:05:48

    yahudi pada masa ini adalah agama penghancur dan di latnan oleh alloh karna kesombonganya dan kekejamanya karna itulah hitler inggin membinasakan bangsa yahudi

    Balas

  55. Al Syazily
    Okt 05, 2014 @ 20:08:52

    saya setuju ,dari keturunan nabi Ishak banyak menjadi Nabi…Nabi adalah manusia yang cerdas dan punya kemampuan khusus melebihi manusia lainnya…sampai saat ini keturunan Yahudi masih mendominasi manusia lain seperti Bill Gate. mereka bisa menjadi spt itu mgkin karena mereka telah tahu fungsi manusia di muka bumi sebagai khalifah/Pemimpin.. Bangsa bangsa lain non yahudi lebih banyak hany sebagai pengikut. Contoh Karl Marx..dengan ide kepemilikan bersama( negara)..maka pengikutnya banyak dari bangsa bangsa lainnya; Bngsa cina yang jumlahnya banyak sja hanya berperan sbg pengikut.

    Balas

  56. Anonim
    Okt 11, 2014 @ 02:45:34

    Usah buang masa bertelagah…bersihkan hati dari berbuat dosa…mohonlah kepada tuhan melalui doa, mudah-mudahan anda diberi petunjuk pada jalan yang benar…semua manusia akan mati…manusia yang bijak akan menyediakan amalan yg baik sebagai bekalan sebelum ia mati…ingat jgn marah2 sebab kemarahan akan membakar perasaan yg membenih permusuhan seperti mana hancurnya Abassiyah dilanggar Hulagu Khan.Lihat kekuatan kasih sayang yg mendamaikan dua kaum di Yatrib bertukar nama menjadi Madinah, dan kekal hingga kini.

    Balas

    • Anonim
      Nov 27, 2014 @ 21:34:53

      Anda2 semua benar…menurut keyakinan anda.
      “BAGIMU AGAMAMU BAGIKU AGAMAKU”
      manusia mahluk sempurna di antara mahluk hidup lain nya,tapi yang paling sempurna di atas segalanya ALLAH SWT…

      Balas

  57. Anonim
    Des 03, 2014 @ 18:57:39

    alhmdllah dpt pengetahuan b aru

    Balas

  58. Greysen
    Des 10, 2014 @ 09:35:37

    Menurut sy pribadi apa yg sdh sy tau sejak kecil itulah yg menurut sy benar dan walaupun org lain mengatakan dia lah yg benar tdk masalah karena kedua-dua nya memang sama-sama benar. Tdk ada artinya berdebat karena tdk akan ada habis-habis nya karena yg satu akan bilang begini begitu (sesuai dgn yg dia tau) dan yg satu akan bilang begini begitu (tentu sesuai jg yg dia tau) jd utk apa, toh klo mang sama2 diajarkan utk mengasihi Tuhan dan mengasihi manusia selaku sesamanya maka itulah yg utama dalam kehidupan ini. Yg salah adalah org2 yg salah menafsirkan. GBU

    Balas

  59. Anonim
    Des 11, 2014 @ 17:17:36

    Injil sekarang sudah dipalsukan tgn manusia buktinya lo beli aja 10 kitab injil ge yakin kaga ad yg sama..berbeda sm alquran dr jaman dulu sm sekarang terjaga keasliannya.itu sudah menjadi bukti

    Balas

  60. Rosalino Tavares
    Feb 24, 2015 @ 09:14:13

    Hoby ingin membaca alkitab dan alkitab agama apa saja yang mengajar ajaran tuhan saya senan membaca karena walaupun berbeda beda agama tetapi hanya satu tuhan yang menggerjakan langit dan bumi beserta isinya.

    Balas

  61. Anonim
    Feb 24, 2015 @ 16:42:03

    Aplous bagi saudara2 Ku semua,,,,, klw boleh jgn makai urat, tp dengan niat silaturrohim…. Ketahuilah…. Kita semua adalah Para Perindu Dzat Maha Tunggal itu … hanya saja jalan yg kita tempuh berbeda namun YAKINLAH tujuan kita sama (Merindu Sang Ilah) Tidak Boleh saling Mencemooh, Krn boleh jd yg kita Cemooh lebih baik dari kita yg mencemooh…. Semoga Kita Semua Mendapatkan Anugrah dan Ridho dari Sang Pencipta Maya Pada… aaaaamiiiiiiii…..iiiin ya Robb

    Balas

  62. rahmat
    Jun 02, 2015 @ 18:07:40

    Ismail diramalkan dalam taurat dan injil akan memimpin suatu bangsa besar yang banyaknya seperti pasir di pantai. Itu benar adanya. Tapi tak ada satupun para nabi/ayat (taurat & injil ) menyinggung tentang lahirnya kenabian dalam keturunan Ismail. Itu jelas setelah terpenuhi.a ramalan terakhir yakni Isa as. Terpaut ribuan tahun lamanya, ismail tidak meneruskan kenabian. Tiba tiba Muhammad klaim bahwa dia adalah Rasulullah dan alquran diturunkan dari langit tanpa saksi dan bukti di gua hantu. Bahkan nabi nabi di alquran pun bukanlah keturunan Ismail. Akibat pemberontakan Arius di era constantine, Muhammad klaim dirinya membawa quran sbg penyempurnaan agama akibat penyimpangan nilai injil akibat campur tangan manusia thdp kitab asli. Kalau pun itu terjadi, tentulah bukan dari keturunan Ismail. Esau anak ishak, menikah dgn putri ismail, tapi kenabian turun dari yakub adik esau, anak ishak. Wew…

    Balas

  63. amal
    Jun 24, 2015 @ 20:44:28

    Surganya orang kapir itu di dunia,sedangkan surganya orang muk’min itu di akhira
    Jadi tidak heran orang orang kapir bergelimanh harta

    Balas

  64. Imam Mahdi
    Okt 23, 2015 @ 04:46:21

    Zaman Abraham itu kurang 2000 tahun yg lampau,Islam Muncul Abad ke? Dasar Pembual

    Yahudi itu suku buka Agama,kepercayaan Yahudi itu animisme nenek moyangnya Abraham,yg Bilang Yahudi agama:profesor. Yg lulus dengan gelar S,ik(Sarjana Ilmu Kebatinan)

    Yahudi di Laknat Katanya saudaraku muslim,Islam dikutuk tidak pernah mendapat bagian dalam bagian warisan. Abraham firdaus,tidak ada 1 ayat pun mengatakan Abraham,Ishak,Yakub dan Ismail menganut Islam,jelas itu hasil mulut besar orang baru lulus mendapat gelar S,ag(Sarjana Alam Ghaib) jauh sebelum islam dan alquran turun mereka sudah mati,nenek-nenek kudisan jg tau

    Semua agama baik bagi pemeluknya masing-masing,jadi saling menghargai tanpa perlu merasa Si A atau Si B yg benar,memang kalau diantara 1 itu yg benar ada yg bisa jamin anda akan masuk Syurga seperti Tuhan Yesus Kristus??jawabnya: imanmu adalah pelita hidupmu,pergunakan dgn sebaik mungkin

    Israel itu bangsa,bangsa yg diberkati Allah karena janji Allah kepada Abraham,janji sampai dunia ini masih ada,
    Yesus itu BUKAN Nabi,Ia Khalik yg dengan kerendahan hatinya mau menjadi Hamba bagi umat manusia,Ia tidak mencari keuntungan dengan lahir sebagai manusia biasa,bukan tidak bisa ia datang ke dunia dengan segala kuasa-Nya yang Agung namun Ia mengajarkan manusia bagaimana merendah dan memiliki Misi Bapa menyelamatkan umat manusia pasca kejatuhan manusia kedalam dosa akibat ketidaktaatan Hawa dan adam atas larangan Allah di taman firdaus,itulah Yesus yg kalian katakan nabi selama ini (Abineno Victor Sinaga 29975B52)

    Balas

  65. Imam Mahdi
    Okt 23, 2015 @ 12:40:40

    Benar sekali saudaraku bpk abnone sinaga saya setuju atas pendapatmu,bolehkah saya bertukar ilmu denganmu saudaraku

    Balas

  66. Violasekarayu
    Okt 23, 2015 @ 13:09:16

    Islam selalu memakai alasan untuk menjatuhkan umat kristen dengan alasan injil itu sudah tidak asli karena bahasanya berbeda-beda,kata siapa?KTM dong bang,yang mirisnya lagi mereka bangga alquran bahasanya itu-itu saja,saya yakin alquran mengajarkan yg baik tapi kenapa ya umatnya tidak pernah melakukan apa yg baik yg diajarkan alquran?itu karena umatnya tidak tau mengartikan semua bahasa arab,Sedih sekali ya,lebih lagi sy baru tau bahwa jumlah ayat alquran itu 6666 apakh itu sbuah kbtulan dgn yg sllu mrka katakan bhwa angka 666 itu Dajjal,rsanya prlu deh diadakan penelitian mitologi dan merujuk ke referensi penemuan-penemuan bukti sejarah purbakala.

    Bukannya Muhammad itu seorang ponakan dari Kristiani???
    Tdk ada yg mnguatkan Muhammad itu sbga Nabi utusan Allah,krna Muhammad ketika mnrima wahyu di dalam Gua Hira dia saja tdk dapat membaca,bahkan sampai harus di cekik oleh Malikat Jibril(Gabriel),apkh ini bsa jd alasan org yg bsa Baca bgmna mgkn ia dktakan mnrma wahyu,sdgkn dia tdk dpt mngerti wahyu yg di mksd,ini luar biasa dan salah 1 bukti penemuan bhwa prlu di prtanyakan atas dalil-dalil diatas,kita harus ingat ktika Muhammad di dlm prsembunyiannya di gua hira,di arab yg notabene bangsa kafir di mata Pencipta dimna bnyk menumpahkan darah manusia,shingga diutuslah seorg hamba yg pda saat itu pencipta utk memperingatkan Kaum Quraisy,ttpi pengutusannya itu krna di mata Allah bangsa itu tlah bejat menumpahkan byk darah
    Tanah arab itu bukan tanah suci,bagaimana bisa tanah itu dikatakan tanah suci jelas dimata Pencipta mereka bangsa kafir ini dikuatkan dengan salah 1 nama kota di negeri itu “Harram”,kalau mau jujuran itulah negeri yg didiami oleh Bangsa Palestina dan yg mau direbut oleh Israel yg dikatakan TANAH SUCI,BUKAN ARAB SAUDI dengah kota Mekkah dan Madinah nya,itu tanah suci org Kafir.Islam itu tidak berbeda jauh dengan Roma= islam itu jin nya sedangkan Roma itu Iblisnya,ada keterkaitan 2 bangsa ini secara tdk langsung,di islam ada istilah “banyak jalan menuju Roma”
    Semua umat dunia tau bahwa Roma adalah pusat kekafiran semua kebohongan atas kebenaran Alkitab
    Roma itulah yg menjatuhkan Hukuman atas penggenapan kematian Yesus Kristus
    Roma itulah lambang kerajaan terakhir dunia yg akan dihancurkan oleh kerajaan Allah ketika Ia datang menghakimi umat manusia.
    Paus Rajanya Muhammad,tapi syangnya mrka smua mati tdk mmliki kuasa untuk menyelamatkan umatnya krna mrka sndiri aja udh mati,sdgkn Yesus telah mengalahkan kerajaan maut dan Bangkit ke surga duduk disamping Allah

    Islam,Roma,Vatikan itulah kegelapan dunia ini

    Balas

  67. slamet buqhri
    Nov 21, 2015 @ 21:28:03

    Berdebat masalah sampai kiamatpun tak selesai .karna masing 2 pemeluk agamanya yg paling benar lainya salah allah bukan hanya milik yahudi.nasrani ataupun islam saja…tapi allah itu tuhan seluruh makhluk.karna semua makluk ciptaan allah..termasuk iblis walau jelek..jg ciptaan allah ..lha gk ciptaan siapa…? Sesama ciptaan gk usah saling menjelekan ..justru orang yg menjelekan bisa 2 nanti masuk neraka

    Balas

  68. slamet
    Nov 21, 2015 @ 21:41:31

    Debat agama gk penting bisa merusak kesatuan dan persatuan bangsa .kita jalani agama kita masing 2..mana yg benar mana salah hanya allah yg tahu..itupun kita baru tahu setelah kita mati..yg penting orang indonesia itu rukun ..klo gk mau rukun kerjaanya satu sama saling menjelekan gk usah jadi orang indonesia…maaf..

    Balas

  69. mania
    Des 20, 2015 @ 16:17:05

    Ketika para uskup membuka mukatamar di kota nicea konstantinopel banyak yang mengaku yesus adalah tuhan atau anak tuhan bapak allah dalam dipengangkatannya, sebelum yesus diangkat menjadi tuhan yesus itu dulunya bukan tuhan.

    Balas

  70. RAhyang
    Jan 20, 2016 @ 19:52:57

    begini saudara yng muslim,,,,,, jika isa di gantikan,,,pertanyaan pertama, bukan kah tujuannya agar orang yang menuntut penghukuman isa ditipu dengan menganggap orang yang disamarkan tadi isa, setau saya dan menurut hati nurani saya Allah tidak berlaku penipu atau menghalalkan penipuan terhadap manusia,,,penipuan hanya dilakukan manusia sebagai tindakan yang tidak berani dan tidak punya mental menghadapi masalah,,,benarkah Allah menipu hanya untuk menutupi ketidak beraniaannya dalam menghadapi masalah????? mengapai Allah tidak bertindak kuasa, mungkin dengan cara membuat nabii isa tidak bisa tembus dipaku,,,atau tidak bisa disentuh untuk disalibkan atau apalah,,,, menurut saya itu tindakan tidak tepat. kedua, penuduhan terhadap kitab orang taurat dan injil diselewengkan itu benar-benar sangat sangat tidak terhormat menurut saya, jika nyatanya tidak ada fakta ontentik mengenai buktinya,,,misalnya saya gambarkan, jika taurat n injil palsu kemudian alquraan mengklaim bahwa tidak ada kebenaran lagi didalammnya (palsu),,,,bisa kah klaim itu dibuktikan dengan bukti kitab asli dari taurat dan injil sebelum dipalsukan,,,,,, jika kemudian datang seorang yang mengklaim sepihak seperti itu bahkan sekalipun allah, harus mampu menunjukkan bukti untuk mengkuatkan,,,,,, jaman nabi muhammad sendiri kitab asli dipegang dipuasatnya sana, publikasi kitab pun terbatas untuk orang katolik ataupun kristen,,,,,dan pengajaran agama pun justru keluar dari buku-buku agama yang dikeluarkan greja katolik yang kemudian dijaman martin luther digugat karena buku-buku agama itu hanya berisi pengajaran menurut cara pandang manusiawi yng penuh intrik politik,,,,,adapun ayat dalam buku pegangan pengajaran itu pun ayat ayat yng dicuplik hanya penggalan penggalan yang disesuaikan dengan dogma yang lebih banyak unsur manusianya,,,,,,,, mungkin jg inilah yg dikomentari nabi muhammad sebagai kitab palsu, n bisa pula ini dianggap nabi anda sebagai kitab injil dan taurat,,,padahal hanya buku pegangan agama. saya agak berkecil hati kalau jaminan Allah kepada kitabnya (firman nya sendiri) hanya diperuntukkan kepada alquran saja. jika mengutip perkataan Allah bahwa tidak ada satu pun orang yang bisa mengganti dan mengubah ayat Allah sebab akan dilaknat, lalu janji Allah itu sendiri tidak diperuntukkan kepaada kitab taurat n injil. maka adilkah Allah, dan bisakah Alquraan membenarkan keberadaan kitab sebelumnya ketika kitab asli pun tidak adalagi setelah mungkin ratusan tahun sebelumnya digantikan atau dipalsukan. apa yang mau dibenarkan?
    ke empat, kenapa islam membenci yahudi dan mengklaim berabad- abad sebagai bangsa yang berkelakuan tidak beradab,,,, lalu bagaimana jika ada seorang islam berkelakuan bejat,,,,apakah dianggap sama busuknya,,,, lihatlah bahwa kalian membenci orang yahudi seutuhnya sampai kekejaman mereka dinas selamanya sebagai orang jahat tapi menyukai Nabi sebagai orang berkebangsaaan israel…..itu kemunafikan,,,,,,, atau mungkin kalian berdalil kalau yang dinaskan adalah wataknya yang jahat dan bukan orangnya secara keseluruhan,,,, lalu apakah tidak ada orang yang kepribadian lebih bejat dari bangsa lain yang mungkin lebih dari bangsa yahudi,,,,, tau kah kalian bahwa kemunafikan agama adalah mengkafirkan seseorang atau bangsa atas nama agama tapi makan dari makanan yang jadi produk mereka,,,, contoh, kita mengkafirkan jepang padahal kita memakai prodak mereka,kita mengkafirkan konghuchu,budha dll,,, tapi makan prodak mreka,,,,betapa memalukannya semua itu.,,,,
    keempat, saya liat dizaman ini bagai mana bersikukuhnya orang islam mengklaim bahwa ramalan tentang nabi muhamad ada didalam kitab orang lain,,,,,, buat saya bodoh kalau membenarkan argumen dari penelitian ulama muslim yang mengklaim itu benar,,,,,, sudah jelas orang islam mengkafirkan agama, umat dan kitab tersebut,,,tapi kemudian ngotot bahwa nabinya diramalkan didalam kitab tersebut,,,,jika injil dan taurat sudah jelas diklaim palsu,,,, argumen cendikiawan muslim pun palsu karena mencari pembenaran dari kitab palsu,,,palsu pulalah argumennya,,,,, ini pun terjadi pula dalam kitab hindu dan ini lelucon hebat yang menggelitik,,,,,,,
    kelima, mengenai kitab lain yang menurut muslim tidak diwahyukan Tuhan karena ditulis tangan manusia,,,,, lalu kitab kalian ditulis oleh siapa???? siapa pula saksinya? dalam hal ini saya netral dan mengakui bahwa islam, kristen, hindu, budha pu tidak ada yang bisa membuktikan benarkah masing2 nabi menerima wahyu,,,,karena tidak ada saksi,,,,,artinya ini menyangkut iman dan penghayatan kita apakah ajaran didalamnya membawa kita menjadi baik atau tidak,,,,,
    kelima, jangan membiasakan mendengar pernyataan orang dari kelompok agama kita sendiri yang sedang membicarakan kelemahan agama lain, lalu dicaplok dan diimani begitu saja tanpa mau menyelidiki dogma dan isi kitab orang lain. itu fitnah,,,,, dan itu kebiadaban,,,, karena taukah kalian bahwa kita semua adalah penganut ajaran tafsir,,,karena itu lihat lah betapa banyaknya kelompok aliran yang muncul padahal kitabnya hanya satu,,,,tidak peduli ajaran agama apapun,,,,,, jika agama itu benar ajarannya, seharusnya mendorong penganutnya jeli dan teliti,,,tidak malah membuat mereka jadi si bodoh yang pandai mencela dan omong besar,,,,,,,
    keenam, pahami universal itu madsudnya apa,,,, jika suatu ajaran itu universal,,,maka orang dari budaya apa, agama apa, suku apa, model seperti apa dapat melandasi kehidupannya dengan nilai universal ajaran tersebut,,,, bahkan menjadikan budaya, ajaran, pemahaman, kepribadian yang kokoh dari seorang. universal itu dapat diterima dan mampu menjadi landasan dari berbagai warna dan keragaman,,,bukan ajaran yang melandasi bentuk seragam,,,,,universalnya dimana??????

    Balas

  71. Anonim
    Apr 24, 2016 @ 19:33:24

    Kalau nabi musa,ibrahim. yakob, daud, isa. dri kerajaan israel maka nabi nabi tersebut bkan beragama islam tapi agama yang dianut bangsa israel itula agamanya.

    Balas

    • The Peace
      Mei 10, 2016 @ 00:17:47

      Kristen konsepnya trinitas, bapak, putra, roh kudus,…..Allah = bapa, Putra = Jesus. Allah Swt menciptakan dunia beserta isinya , tpi lo pade doanya ke jesus, curhat ke jesus minta pa ke jesus…kita ja ga perna curhat + minta2 ke Nabi Muhammad, mintanya langsung ke Allah Swt. Pdhal di injil ditulis tuhan tu esa tidak dipersekutukan.

      Hai para anti islam, kalian ga tau y di taurat ma injil perjanjian lama da dijelaskan akan ada nabi penutup akhir zaman/nabi Muhammad. La seng kamu baca tu perjanjian baru kan…ya ga da la wong tujuannya politik kekuasaan romawi.
      nasrani+yahudi adalah product buatan dajjal si jagonya fitnah, baca sjarah ma bukunya..tentang Musa samiri/dajjal yg nyamr jdi nabi musa dan bikin kaum sndiri, nah kaumnya tu ya loh2 pade tu yg ngaku kristen ma yahudi.. yahudi pinter2 yo jelas keturunan Dajjal. Kecerdasan 100thn lebi maju dari manusia biasa. Musuh harus dikasih mukjizat biar adil dn menjadi test buat manusia makin bertaqwa to kafir
      fokus yahudi/israel bukan nyebarin agama tpi politik menguasai dunia dalam satu tatanan( New world Order) illuminations. Mereka mepersiapkan kedatangan sang mesiah yg sudah di bicarakan di taurat,injil karangan………..yupz Dajjal yg lo tunggu pade. Diakan mengaku Tuhan jesus sang messiah,juru selamat,juru kunci dll..di akhir zaman.. * christen+jaws= Dajjal=illuminati=satanic|, final world fight” Dajjal+yajuj,majuj VS Isa+Imam mahdi…..Nabi Isa+Imam mahdi menang√ dn meluruskan ajaran injil yag benar untuk menyembah Allah Swt kembali..semua dunia jdi damai ,Islam menjadi rahmatan dunia kembali nabi Isa menikah dan punya keturunan|…..akhirnya>>>>>>>>> ribuan tahun sesudahnya dunia menjadi kafir lagi semua orang sudah tidak percaya agama dan situlah janji Allah Swt, jika sudah tidak ada yg menyembah dan berdoa kepadanya maka dunia akan dikiamatkan…….gue da baca bnyk refensi sjarah agama manapun termasuk crita2 tmen gue yg kristen.

      Well lo percaya pa gak tersera da…tetep imanin ja agama lo masing2. ¢_¢ slow but sure Islam uda mkin ditrima di eropa cek aja data penganut muslim terbaru di eropa. Dan congruts buat wali kota london baru, wali kota muslim pertama di eropa Mr Shadiq khan ^_^

      Balas

  72. oranf waras
    Sep 02, 2016 @ 06:32:09

    AGAMA YANG PALING MASUK AKAL ITU YA CUMA ISLAM,DAN ITU JELASSS

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: