Tips 1 – 3

1
Keinginan Yang Kuat

Dalam meraih suatu cita-cita atau impian, setiap orang harus memiliki tekad supaya berhasil meraih impian tersebut. Dan tentu saja impian yang diinginkan harus masuk akal dan mungkin diraih. Impian berkuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) merupakan salah satu impian tersebut. Bisa dikatakan impian tersebut adalah impian yang dimiliki hampir setiap siswa sekolah menengah atas kelas XII di seluruh Indonesia. Berkuliah di perguruan

tinggi negeri juga merupakan kebanggaan tersendiri bagi siswa dan orang tua, serta mungkin gurunya. Siswa merasa senang karena keinginannya terkabulkan. Orang tua senang karena anaknya berhasil meraih impian masuk ke PTN. Sedangkan gurunya merasa berhasil mendidik siswanya, meski bukan ukuran keberhasilan yang sesungguhnya. Sekolah juga merasa bangga melihat para siswanya berhasil masuk ke PTN. Semakin banyak siswa lulusan suatu sekolah yang masuk ke PTN, maka semakin menaikkan citra dan nama sekolah tersebut. Selain itu, kuliah di perguruan tinggi negeri merupakan tuntutan bagi kesuksesan karir di masa depan. Walau tidak ada jaminan 100% tentang kesuksesan tersebut, namun paling tidak kuliah di PTN merupakan hal yang paling mungkin untuk mencapainya. Lihat saja bagaimana iklan-iklan lowongan kerja di surat kabar atau media lainnya menilai lebih bagi seorang lulusan PTN. Artinya di mata perusahaan-perusahaan, PTN memiliki kesan dan prestise yang lebih dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta.

Masuk dan berkuliah di PTN bukan hal yang mudah. Perlu ada perjuangan yang serius dan keinginan yang kuat untuk meraihnya. Siapa yang tidak memiliki keinginan yang kuat, maka ia telah kalah sebelum berjuang. Begitulah kira-kira istilahnya. Kuat atau tidaknya keinginan yang kita miliki akan berpengaruh terhadap perjuangan yang kita lakukan. Karena sudah sifat manusia jika sangat menginginkan sesuatu maka apa pun dilakukan untuk mendapatkannya. Sebaliknya, jika usaha untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan tidak maksimal atau biasa-biasa saja, berarti ia tidak memiliki keinginan yang kuat.

Maka sekali lagi perlu ada keinginan kuat yang harus kita miliki jika mau kuliah di PTN. Inilah dasar yang harus dimiliki setiap siswa yang mauk masuk ke PTN. Hal-hal lain hanya bersifat melengkapi saja. Tapi memang keinginan yang kuat tersebut harus ditindak lanjuti dengan usaha. Percuma bila kita memiliki keinginan yang kuat tapi tidak melakukan usaha apa pun. Lalu usaha apa saja yang harus kita lakukan untuk mencapai keinginan berkuliah di perguruan tinggi negeri, terkhusus yang memiliki nama seperti UI, ITB, UGM,
Unpad, dan ITS. Dan usaha untuk mencapai keinginan itu beragam seperti dari mencari informasi PTN, memilih yang sesuai, mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian masuk, dan bagaimana mengatasi ujian masuk yang sedang berlangsung. Intinya segala hal yang berkaitan dengan PTN harus dicari informasinya dan melakukan berbagai usaha untuk mendapatkannya.

2
Mencari Informasi tentang PTN

Kebutuhan akan informasi sudah bukan merupakan kebutuhan yang mewah dewasa ini. Bisa dikatakan tidak sulit untuk mendapatkan informasi karena sudah banyak tersedia. Sarana informasi itu diantaranya surat kabat, majalah, radio, televisi hingga internet.  Sarana-sarana itu bisa dimanfaatkan untuk mencari ataupun menyampaikan informasi. Tersedianya banyak sarana informasi tidak lain menunjukkan bahwa informasi adalah sesuatu yang sangat penting. Ya, tidak dipungkiri informasi adalah suatu yang penting bagi setiap orang, tidak terkecuali bagi siswa-siswi yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri. Karenanya informasi tentang PTN menjadi suatu keharusan untuk dicari.  Semakin banyak informasi yang didapat tentang PTN yang dituju, kemungkinan salah untuk memilih semakin dapat diperkecil. Kita sebagai siswa yang memiliki keinginan kuat masuk PTN harus mencari informasi-informasi seperti kualitas PTN, jurusan yang tersedia, lokasinya, hingga biayanya harus dicari untuk kemudian dijadikan sebagai pertimbangan.  Kita harus tahu kualitas  PTN yang diinginkan. Apakah berkualitas sangat baik, baik, dan kurang baik. Karena diantara PTN juga memiliki peringkat-peringkat, mulai dari yang menduduki peringkat teratas hingga peringkat terendah. Selain kualitas, hal lain yang juga perlu dicari adalah jurusan yang tersedia. Apakah jumlanhya banyak atau sedikit, dan yang terpenting apakah jurusan yang kita inginkan ada di PTN tersebut. Kemudian, informasi yang juga perlu dicari yaitu tentang lokasi PTN yang dituju. Apakah masih di dalam daerah tempat kita tinggal atau di luar daerah dan jauh dari tempat kita tinggal. Hal ini perlu diperhatikan karena nantinya berhubungan dengan biaya operasional selama perkuliahan di PTN. Lalu biaya kuliah yang dipatok oleh suatu PTN juga perlu dicari yang kemudian dicocokan dengan kemampuan ekonomi kita. Perlu dicari juga yaitu informasi tentang berapa banyak tawaran beasiswa yang ada di suatu PTN. Karena adanya beasiswa sangat meringankan beban kuliah di PTN terkait. Dan juga apakah suatu PTN mengadakan ujian masuk atau ujian seleksi sendiri selain ujian yang diadakan bersama semua PTN setiap tahun. Misalnya untuk UI dan UGM, kedua universitas itu melaksanakan juga ujian masuk sendiri biasanya beberapa bulan ujian masuk PTN tingkat nasional. Calon mahasiswa yang diterima pun berdasarkan kedua ujian itu. Sekian persen dari ujian masuk sendiri dan sekian persen diambil dari ujian masuk PTN tingkat nasional. Sebenarnya masih banyak informasi yang perlu dicari tentang suatu PTN yang kita ingingkan. Intinya kita perlu mencari segala informasi mengenai PTN yang selama ini kita dambakan. Jangan sampai membeli kucing dalam karung. Kurang lebih begitulah istilahnya.

Lalu bagaimana mencari informasi-informasi seputar PTN yang kita tuju. Bila ada istilah yang mengatakan banyak jalan menuju Roma, maka banyak cara pula untuk mencari informasi seputar perguruan tinggi negeri. Kita bisa mencari informasi melalui media internet misalnya. Dan memang biasanya PTN khususnya yang terkemuka telah memiliki situs/website sendiri. Situs tersebut tentu saja ditujukan untuk siapa saja yang ingin mencari informasi seputar PTN tersebut. Di situs itu juga terdapat nomor kontak atau email yang bisa dihubungi untuk informasi lebih lengkap. Cara ini terbilang efektif, apalagi buat PTN-PTN yang berlokasi jauh dari tempat tinggal kita. Informasi juga bisa didapat melalui brosur atau pamflet yang disebar oleh PTN ke berbagai wilayah. Namun sebaran media itu biasanya tidak jauh-jauh dari lokasi PTN berada. Ada juga beberapa PTN yang aktif memberikan informasi kepada siswa-siswi kelas XII (3 SMA) melalui mahasiswanya. Mereka mengadakan roadshow atau datang ke sekolah-sekolah untuk memberikan informasi seputar PTN, fakultas, dan jurusan mereka. Nah ini bisa dimanfaatkan untuk mengorek atau mencari informasi selengkap-lengkapnya dari mereka. Semuanya bisa ditanyakan mulai dari cara daftarnya hingga biaya kuliah. Cara lain untuk mendapatkan informasi adalah datang langsung ke PTN yang diinginkan. Tapi ini hanya bisa dilakukan bila lokasi PTN tidak jauh dari tempat tinggal kita, atau kita memiliki dana banyak untuk melakukan survei ke PTN tersebut. Kemudian cara yang cukup mudah juga bisa dilakukan yaitu bertanya ke orang-orang sekitar kita misalnya teman, saudara, atau alumni dari sekolah kita yang telah berhasil masuk ke PTN tersebut. Jangan sungkan-sungkan apalagi malu untuk bertanya kepada mereka. Pasti mereka mau memberikan informasi yang mereka tahu. Bagi yang mengikuti bimbingan belajar atau les bisa juga bertanya kepada lembaga bimbingan belajar tersebut mengenai informasi-informasi PTN yang selama ini kita idam-idamkan. Pada pokoknya, carilah informasi penting mengenai PTN sebelum kita memilih PTN tersebut sebagai tempat kita belajar lebih lanjut.

3

Memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Hidup adalah pilihan. Maka berhati-hatilah dalam menentukan pilihan. Karena kita akan merasakan dan bertanggung jawab atas pilihan yang kita ambil. Begitu juga dalam memilih PTN yang ada. Kita harus memilih dan menimbang-nimbang mana kiranya PTN yang cocok dan sesuai dengan kita. Maka pilihlah PTN yang baik dan jangan sekali-kali memilih PTN hanya karena ikut-ikut teman, karena kita sendiri yang menanggung ruginya bila ternyata PTN tersebut tidak sesuai dengan kita. Jangan bermain-main dalam memilih PTN karena hal itu akan menentukan masa depan kita selanjutnya. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam menentukan pilihan terhadap suatu PTN. Faktor-faktor itu biasanya ialah kualitas, biaya, jarak, dan lain sebagainya.

Kualitas merupakan penilaian pertama dan menjadi pertimbangan terpenting
terhadap PTN yang ada. Semakin bagus kualitas PTN semakin banyak peminatnya dan perjuangan untuk meraihnya tentu semakin berat. Karena memang kualitas sangat berpengaruh terhadap proses belajar atau kuliah di PTN tersebut. Maka wajar kiranya suatu PTN yang berkualitas tidak menerima sebagian besar pendaftar mengingat kursi yang disediakan terbatas sementara peminatnya banyak sekali dari ujung timur hingga ke ujung barat negeri ini. Sehingga para siswa diharuskan belajar dengan keras dan berlomba untuk mendapatkan status mahasiswa di suatu universitas. Banyak hal yang bisa dilihat untuk menilai seberapa bagus kualitas suatu PTN. Misalnya saja kualitas PTN bisa dilihat dari banyaknya alumni atau lulusannya yang diterima di dunia kerja. Atau lulusannya banyak yang menjadi orang sukses atau penting dan memegang jabatan-jabatan penting. Bisa juga dilihat dari sedikitnya lulusan yang tidak menjadi angkatan kerja atau kasarnya jadi pengangguran. Kualitas juga bisa dinilai dari prestasi-prestasi yang diraih oleh PTN terkait, baik prestasi tingkat nasional maupun tingkat internasional. Prestasi ini akan memberikan nilai tambah pada suatu PTN terutama prestasi yang berskala internasional. Prestasi pun beragam seperti mengikuti kompetisi dengan hasil baik, mengikuti kontes debat atau diskusi, dan masih banyak contoh prestasi lainnya. Kemudian kualitas suatu PTN juga bisa dilihat dari peringkatnya dalam daftar universitas terbaik di skala internasional. Semakin baik peringkatnya di daftar itu maka semakin baik pula kualitas PTN tersebut. Kemudian faktor lain yang menjadi pertimbangan dalam memilih suatu PTN adalah jarak. Walau faktor jarak bukan merupakan faktor utama yang mempengaruhi sebagian besar siswa pendaftar untuk memilih suatu PTN. Tapi bagi sebagian siswa yang lain, lokasi menjadi faktor pertimbangan yang terkadang juga cukup berperan. Karena jarak nantinya berpengaruh terhadap penambahan biaya operasional selama kuliah. Terkadang faktor jarak juga dianggap tidak terlalu penting mengingat PTN yang dituju sangat berkualitas. Misalnya calon mahasiswa di luar jawa akan bersedia untuk merantau ke pula jawa demi universitas yang diimpikannya. Artinya faktor jarak juga ditentukan seberapa besar keinginan yang dimiliki, kualitas PTN, dan biaya yang dimiliki. Bila ketiga faktor itu telah terpenuhi, maka faktor jarak tidak perlu dikhawatirkan. Namun bila salah satu faktor tersebut tidak terpenuhi, maka perlu dipertimbangkan kembali mengenai jarak atau lokasi PTN yang dituju. Karena faktor-faktor tersebut akan mempengaruhi prestasi belajar dari seorang mahasiswa.

Faktor lain yang juga perlu diperhatikan dalam memilih PTN ialah faktor biaya. Malah bagi sebagian calon mahasiswa, faktor biaya menjadi salah satu faktor utama. Banyak calon mahasiswa yang mengurungkan niatnya berkuliah di PTN ternama karena tidak memiliki dana yang cukup. Padahal tidak sedikit dari mereka yang telah diterima sebagai mahasiswa di universitas negeri yang bersangkutan. Tapi ketika melihat biaya pendidikannya terbilang mahal, maka mereka mengundurkan diri dari status mahasiswanya. Sangat disayangkan karena mereka memiliki potensi yang dapat memajukan bangsa ini.

Oleh karena itu, biaya menjadi faktor pertama bagi siswa ataupun orangtuanya untuk menilai suatu PTN. Memang tidak semua PTN menerapkan biaya pendidikan yang mahal. Sebagian banyak PTN masih menerapkan biaya pendidikan yang relatif murah. Universitas negeri atau PTN yang menerapkan biaya pendidikan mahal biasanya yang telah memiliki pamor atau popularitas. Biaya pendidikan inilah yang menjadi kekhawatirkan banyak calon mahasiswa, sementara secara otak mereka mampu dan pantas untuk duduk berkuliah di PTN ternama itu. Terlebih PTN ’kelas atas’ itu juga menerapkan biaya lainnya di luar biaya kuliah per semester. Biaya tersebut yaitu uang masuk ke suatu PTN yang jumlahnya tidak sedikit. Kelihatannya UI
memiliki biaya pendidikan paling mahal dibanding PTN lainnya. Namun sebagai seorang calon mahasiswa tak perlu khawatir mengenai biaya pendidikan yang ditetapkan oleh suatu PTN ternama. Dimana ada kesulitan disitu pasti ada jalan keluarnya. Meski beberapa PTN menetapkan biaya pendidikan yang mahal, biasanya mereka menyediakan jalur keringanan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa terdaftar. Keringanan tersebut bisa berupa tangguhan atau pembayaran uang masuk secara bertahap. Bila memang benar-benar tidak mampu uang masuk kemungkinan bisa ditiadakan. Begitu juga dengan biaya kuliah per semester, ada keringanan berupa pengurangan biaya kuliah tersebut. Karena UI bisa dikatakan menerapkan kebijakan subsidi silang terhadap biaya pendidikan yang ditetapkan.

Bagi calon mahasiswa yang ingin mendapatkan keringanan biaya pendidikan itu bisa melihat infonya pada website resmi universitas. Atau bisa juga meminta bantuan para mahasiswa universitas yang secara sukarela menawarkan bantuan proses keringanan biaya pendidikan itu. Biasanya para mahasiswa tersebut menyediakan pos-pos untuk menawarkan bantuan, atau bisa juga langsung menghubungi ruang himpunan mahasiswa fakultas masing-masing. Intinya, bagi para calon mahasiswa jangan enggan masuk PTN hanya karena biayanya yang mahal.

Faktor lainnya yang perlu diperhatikan juga yaitu banyak atau tidaknya beasiswa yang tersedia di PTN yang dituju. Semakin banyak beasiswa yang disediakan PTN atau yang ditawarkan perusahaan-perusahaan melalui PTN itu, maka semakin baik pula nilai PTN tersebut. Karena beasiswa merupakan salah satu sumber dana bagi para mahasiswa selama berkuliah di universitasnya. Banyaknya beasiswa yang disediakan semakin meringankan beban biaya kuliah para mahasiswa. Sehingga mereka tidak terlalu pusing memikirkan biaya pendidikan dan menjadi lebih fokus untuk belajar. Dan akhirnya prestasi mereka pun meningkat dan dapat dibanggakan di ranah internasional. Intinya, beasiswa merupakan sumber dana paling efektif bagi para mahasiswa di luar dana yang diberikan orang tua mereka. Cara lain yang sering dilakukan mahasiswa guna mendapatkan tambahan dana adalah kerja atau bisnis sampingan. Tidak sedikit jumlahnya para mahasiswa yang melakukan hal itu. Tapi itu bukan masalah selama kerja dan bisnis sampingan tersebut halal dan baik. Bahkan itu merupakan suatu bentuk kreatif mahasiswa.

Kemudian masih ada lagi faktor yang menentukan calon mahasiswa untuk memilih suatu PTN. Faktor tersebut yaitu tersedia atau tidaknya jurusan atau bidang kuliah yang diinginkan di PTN terkait. Karena tidak semua PTN menyediakan jurusan pendidikan yang sama dan lengkap. Bisa jadi di satu PTN terdapat jurusan pendidikan yang tidak terdapat di PTN yang lain. Misalnya jurusan pendidikan Geologi di ITB tidak terdapat di UI. Dan masih banyak contohnya. Oleh karena itu, jurusan pendidikan menjadi faktor utama seorang calon mahasiswa dalam memilih suatu PTN. Karena jurusan pendidikan berhubungan dengan minat atau bakat calon mahasiswa sehingga memilih PTN tertentu. Tapi memang ada juga calon mahasiswa yang melihat dari PTN-nya terlebih dahulu. Kata-kata seperti yang penting UI atau yang penting ITB, sering keluar dari banyak calon mahasiswa dan tidak terlalu mementingkan jurusan apa yang akan digelutinya setelah berhasil masuk PTN tersebut. Calon mahasiswa itu hanya melihat dari prestise atau kualitas yang dimiliki oleh PTN tertentu. Ya memang itu sah-sah saja. Tapi sayang kalau misalnya calon mahasiswa tersebut ternyata tidak cocok dengan jurusan yang dipilih hanya berdasar kualitas PTN-nya saja. Padahal ia tidak berminat dengan jurusan itu, dan kemudian akhirnya harus mengikuti ujian masuk PTN tahun berikutnya untuk mengganti jurusan pendidikan yang lain. Ini menyebabkan kerugian waktu dan uang. Karena mengganti jurusan berarti mengulang waktu kuliah dan memerlukan dana pendidikan lagi. Meski itu lebih baik daripada mahasiswa tersebut harus menderita bila harus terus melakoni kuliah di jurusan yang tidak terlalu disukainya. Yang jelas, kita perlu teliti dan seksama dalam menentukan pilihan kita atas suatu PTN.

Lalu faktor yang tidak boleh terlupakan dalam memilih suatu PTN adalah fasilitas (sarana dan prasarana) pendidikan yang disediakan PTN. Karena fasilitas memberikan andil yang cukup besar bagi para mahasiswa yang berkuliah di PTN tertentu. Fasilitas pendidikan tersebut misalnya ruang kuliah yang baik, laboratorium, peralatan praktikum, ruang seminar, dan lain sebagainya. Semakin bagus dan lengkap fasilitas yang disediakan maka semakin bagus pula nilai atau kualitas suatu PTN. Mungkin lengkapnya fasilitas merupakan alasan suatu PTN untuk menaikkan biaya pendidikan dan membebankannya ke calon mahasiswa dalam jumlah yang lumayan besar. Tapi yang perlu diingat adalah PTN tidak asal menaikkan biaya pendidikan, sementara fasilitas yang disediakan kurang memadai. Atau dengan kata lain suatu PTN tidak boleh asal mahal saja tanpa memperhatikan aspek lainnya. Nah bagi para calon mahasiswa lihat terlebih dahulu bagaimana fasilitas yang tersedia sebelum memilih suatu PTN yang diinginkan.

6 Komentar (+add yours?)

  1. STRATEGI AWAL KULIAH « LAYANAN BK SMK N 1 PURBALINGGA
    Agu 08, 2011 @ 11:12:58

  2. Dinda mareta,,X RPL 1,,SMK N 1 PURBALINGGA
    Agu 09, 2011 @ 15:57:08

    Assalamu’alaikum,
    Okheh,,dari materi yang sudah saya baca,
    ada bnyak informasi yg saya dapatkan,untk masa depan saya stelah lulus nanti.
    Memang sbelumny saya belum memikirkan kelanjutanya nanti,karena benar yg d’tuliskan pda materi,,karna ksulitan “biaya”..d’lihat dari hasil usaha orang tua,yg mungkin belum cukup utk dpt menutup biaya PTN(yg kta’a ckup tinggi)
    tpi hal tsb,tdk mntup kmungkinan saya utk mraih msa dpan,,saya s7 dg materi diatas,, bs bkrja dhulu(mngkin?)dg mngumpulkan uang..
    Dan,saya mjd lbih termotifasi utk k’depannya,saya hrus memiliki tekad yg kuat,utk ksuksesan dimasa mendatang..
    Terimakasih,,wassalam.

    Balas

  3. Dinda Mareta,,,X RPL 1,,,SMK N 1 Purballingga
    Agu 09, 2011 @ 16:47:14

    Assalamu”alaikum…
    Okheh,,,dari materi yang sudah saya baca,banyak informasi yang saya dapat,untuk masa depan saya setelah lulus nanti.
    Memang sebelum nya saya belum memikirkan kelanjutan nya nanti, karena…benar yg di tuliskan pada materi.
    Karena “biaya”, di lihat dari hasil usaha orang tua,,yg mungkin belum cukup untuk menutup biaya2 yg harus di bayarkan pd suatu PTN (yang kata orang2 “MAHALLLL”)
    Tapi hal trsebut tidak menutup kemungkinan,,saya untuk meraih masa depan yang cermelang!!!!!!!!!!!!!
    Saya sangat setuju dengan materi di atas…kan bisa bekerja dahulu???????,mengumpulkan hasil usaha tersebut,,sehingga nantinya bisa untuk membayar biaya pada suatu PTN
    Dan tentunya,,,saya menjadi termotifasi untuk kedepannya…
    saya harus memiliki suatu tekad yang kuat untuk kesuksesan di masa mendatang!!!!!!
    terimakasih,,,,wassalam.

    Balas

  4. Meli utami_10 RPL 1_21
    Agu 14, 2011 @ 13:26:48

    Meli utami,,,,,,X RPL 1 No.absen 21
    SMK N 1 PURBALINGGA
    ASsalamu’alaikum wr.wb
    Ia,saya akan berkomentar tentang Strategi awal kuliah itu.Menurut saya materi itu memang bagus untuk dibaca siswa yg ingin melanjutkan kejenjang yg lebih tinggi.Jika, ingin melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi harus memiliki nilai mata pelajaran yg tinggi melebihi nilai rata-rata bahkan apabila memiliki sertifikat piagam akan membantu sekali untuk melanjutkan ke PTN……….
    Langkah-langkah supaya ingin melanjutkan ke PTN ternyata tidak mudah.Apalagi biaya yang ckup mahal itulah yg akan menghambat seorang siswa/siswi yg ingin melanjutkan ke PTN……
    yang pertama keinginan yang kuat itu harus dimliki,karena itu langkah awal jika kita ingin melanjutkan ke PTN,Kedua mencari info tentang PTN,,,itu tidak sulit,karena zaman sekarang ini zamannya sudah modern,,,kita bisa dengan mudah mencari hal itu diWARNET.Ketiga memilih PTN,,,tentunya apabila kita ingin melanjutkan ke PTN harus memilih terlebuh dahulu kan????????
    TUjuannya agar kita lebih tau PTN yang menurut kita baik itu yang mana/ Dan kita harus memahaminya itu,agar tidak menyesal nantinya…
    Sekian komentar dari saya…..
    Wassalamu’alaikum wr.wb

    Balas

  5. abdulwahidmuhaemin
    Nov 05, 2011 @ 16:22:38

    lalu, bagaimana peluang siswa terutama smk swasta yg juga bukan merupakan sekolah swata favorit untuk masuk PTN ?

    Apakah asal sekolah siswa dapat menjadi tolak ukur PTN untuk menerimanya atau tidak ?
    jawabannya ditunggu.
    trimakasih,.

    Balas

    • antonramdan
      Des 11, 2011 @ 15:01:23

      Peluang tentu saja masih ada. Itu tergantung kita sebagai individu. Tetap belajar dan berjuang….

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: