Tips Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Tips Mudah

Masuk PTN

(Perguruan Tinggi Negeri)

KATA PENGANTAR


Masuk dan berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan dambaan siswa lulusan SMU atau para calon mahasiswa. Banyak faktor yang menyebabkan para calon mahasiswa begitu mendambakan PTN. Faktor itu misalnya kampus yang berkualitas, biaya kuliah yang murah, gengsi, peluang kesuksesan karir yang menjanjikan setelah lulus PTN, dan lain sebagainya. Tempat kuliah yang berkualitas berhubungan dengan prestasi mahasiswanya. Biaya kuliah yang murah dapat meringankan beban biaya seorang mahasiswa. Masyarakat pada umumnya juga beranggapan bahwa lulus dari PTN akan mudah untuk mencari kerja. Semua hal itu wajar karena memang semua orang menginginkan yang terbaik bagi kehidupannya.

Tapi terkadang impian masuk ke PTN sirna dan hanya menjadi sebuah impian belaka yang tak pernah terwujud. Banyak calon mahasiswa yang gagal dalam ujian masuk atau seleksi masuk yang diadakan oleh PTN sendiri ataupun ujian secara nasional yang saat ini disebut dengan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Kegagalan itu pula ada penyebabnya. Penyebab kegagalan itu seperti niat atau keinginan yang lemah untuk masuk PTN, tidak melakukan persiapan sebelum ujian berlangsung, kondisi kesehatan yang buruk ketika ujian dilaksanakan, dan lain sebagainya. Penyebab yang paling parah adalah seorang calon mahasiswa tidak tahu bagaimana seharusnya ia menempuh langkah-langkah supaya berhasil dalam ujian SNMPTN. Bila ia tidak tahu bagaimana cara mewujudkan impian ke PTN, mustahil ia berhasil masuk ke PTN. Karena sudah ketentuan Tuhan, siapa yang berusaha maka dialah yang akan menuai hasilnya.

Oleh karena itu, penulis mencoba memberikan tips-tips mudah supaya seorang calon mahasiswa dapat masuk ke PTN yang diinginkannya. Tips tersebut penulis rangkum dalam buku ini yang berjudul ”Tips Mudah Masuk PTN”. Penulis berharap kehadiran buku ini bermanfaat bagi para calon mahasiswa yang ingin mewujudkan impian menuju perguruan tinggi negeri. Penulis sengaja menulis tips dengan susunan yang mudah dimengerti dan menyusunnya dalam bentuk buku yang tipis. Hal ini supaya para calon mahasiswa dapat membeli buku ini dan menerapkan tips-tips di dalamnya. Akhir kata, penulis berharap semoga apa yang ada di buku ini bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi para calon mahasiswa. Terima kasih atas perhatiannya dan selamat membaca!.

Penulis

DAFTAR ISI

Kata Pengantar
Daftar Isi
Prolog
1 Keinginan Yang Kuat
2 Mencari Informasi tentang PTN
3 Memilih PTN
4 Mempersiapkan Diri
5 Melaksanakan Ujian
6 Menanti Hasil
7 Bila Gagal
Lampiran Daftar PTN beserta websitenya
Biografi Penulis


14 Komentar (+add yours?)

  1. nurul khotimah
    Des 18, 2010 @ 15:07:08

    pngen keterima aza di perguruan tinggi yg negeri

    Balas

  2. WIDYA SAFHIRA
    Sep 09, 2013 @ 21:33:03

    pengen masuk perguruan tinggi negri tapi dari pondok ngerasa susa deh

    Balas

    • Anonim
      Okt 22, 2014 @ 19:16:07

      Iyaaa nii…
      tpii tetep berusaha dan yakin n jngan lupa tawakal..
      hehehe🙂

      Balas

  3. zana
    Feb 10, 2014 @ 21:32:43

    Pengen banget bisa masuk k’PTN.. N moga zaa bneran masuk, Aamiin🙂

    Balas

  4. avvi
    Apr 26, 2014 @ 18:31:22

    mudah mudahan bisa masuk PTN🙂 amiin

    Balas

  5. Anonim
    Apr 30, 2014 @ 10:52:15

    klo gx bza msuk PTN.,.,lbih enax mzuk SBMPTN pa MANDIRI eaaaa??

    Balas

    • Anonim
      Okt 01, 2014 @ 16:33:08

      lebih enak SBMPTN deh kayanya

      Balas

  6. Risma
    Okt 17, 2014 @ 20:01:44

    Pengen masuk ptn
    tapi langsung mikir gak mungkin anak smk bisa masuk ptn

    Balas

    • ria
      Jan 08, 2015 @ 11:30:19

      kenapa gak bisa

      Balas

  7. ria
    Jan 08, 2015 @ 11:29:36

    aku pengen bangat masuk perguruan tinggi;;mudah2 an tercapai

    Balas

  8. Muhammad Nuralim
    Feb 01, 2015 @ 11:33:40

    ya allah semoga ane masuk perguruan negri amin

    Balas

  9. Anonim
    Mar 04, 2015 @ 16:19:03

    aku juga ya allah semoga bisa masuk di PTN , kalau swasta kasian orang tua biaya nya mahal😦

    Balas

  10. yenitrprn
    Mar 08, 2015 @ 18:59:59

    MAU NANGIS KALO KAYA GINI T_T RASANYA UJIAN2 MAU DI SKIP, LANGSUNG NEMBUS TIBA2 JADI MAHASISWA UI AJA HIKS

    Balas

  11. Huda
    Des 08, 2015 @ 14:00:54

    nih saya kasih tau, temen saya bisa bantu dengan bimbingan karantina, 99% lolos, hubungi sendiri aja 089659003989

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: