Kita perlu sangat bersyukur dengan hadirnya teknologi internet. Karena selain bisa digunakan untuk berinteraksi langsung dengan orang di luar negeri. Teknologi ini juga bisa dimanfaatkan untuk tujuan komersil. Teknologi ini membuka peluang bagi siapa saja yang ingin menghasilkan uang darinya. Atau istilahnya kita menjalankan bisnis online.

Bisnis online sebagai turunan manfaat dari teknologi internet adalah suatu fenomena yang menarik karena banyak orang yang berhasil melalui cara ini. Banyak orang yang semula tidak punya apa-apa bisa memiliki harta berlimpah. Dan fenomena ini terus berkembang semakin hari. Anne Ahira adalah contoh orang yang berhasil dalam dunia bisnis online terkhusus bidang internet marketing. Begitu juga dengan toko online yang banyak menjamur beberapa tahun terakhir. Beberapa toko online yang sukses antara lain berniaga.com, tokobagus.com, gramediaonline.com, lidwa.com, bhinneka.com, dan lain sebagainya. Itu hanya sebagian contoh mereka yang berhasil memanfaatkan teknologi internet untuk menjalankan bisnis dan meraup untung.

Sebagian bisnis online yang berhasil memulai bisnisnya dengan modal kecil. Sekitar ratusan ribu hingga 2 juta. Ini berdasarkan pengamatan saya sendiri. Kok bisa? Tentu bisa. Memang bisnis online memiliki beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan bisnis yang dijalankan secara non-online. Dan kelebihan ini mendukung mereka yang ingin berbisnis tapi hanya memiliki modal sedikit. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki bisnis online;

  1. Tidak perlu sewa tempat yang mahal

Tempat adalah kebutuhan penting dalam berbisnis. Tempat menjadi bagian tidak terpisahkan. Karena tempat atau alamat merupakan panduan utama seorang pembeli untuk menemukan kita. Selain itu, tempat juga bisa menjadi faktor penentu keberhasilan orang dalam berbisnis. Pedagang sayur memerlukan tempat di pasar tradisional untuk menggelar dagangannya. Begitu juga dengan pedagang handphone memerlukan tempat di mal untuk menawarkan dagangannya kepada calon pembeli.

Untuk mendapatkan tempat untuk berdagang kita memerlukan uang. Tidak ada yang gratis. Semuanya harus kita bayar mulai dari tempat itu sendiri hingga kebutuhan yang menyertainya seperti listrik, air, keamanan, dan lain-lain. Harga yang kita bayar biasanya sesuai dengan tempat yang kita dapatkan. Semakin strategis lokasi tempat untuk berjualan. Semakin mahal pula harga yang ditawarkan. Semakin bagus kondisi tempat yang ditawarkan. Semakin tinggi pula harga yang harus kita bayar.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, tempat atau lokasi bisa menjadi faktor penentu keberhasilan seseorang dalam berbisnis. Semakin strategis lokasi yang ada, semakin besar peluang seorang pebisnis menuju kepada kesukesan bisnis yang dijalankannya. Tapi tentu saja nila rupiah yang diperlukan pun sangat besar untuk mendapatkan tempat strategis untuk berbisnis. Mulai dari belasan juta hingga ada yang mencapai ratusan juta. Dan nilai rupiah ini bisa menguras sepertiga bahkan separuh dari modal yang kita punya. Anggaran sewa tempat inilah yang biasanya memberatkan para pengusaha terkhusus mereka yang baru terjun ke dunia bisnis.

Dalam bisnis online, beban sewa tempat tak lagi mejadi masalah yang memberatkan. Separuh modal yang anda miliki tidak akan terkuras habis untuk sewa tempat. Bisnis online benar-benar meringankan modal awal anda. Karena anda tidak perlu mengeluarkan puluhan hingga ratusan juta rupiah hanya untuk sewa tempat. Yang anda keluarkan hanya berkisar antara puluhan ribu hingga ratusan ribu, bahkan ada yang gratis. Anda cukup mengeluarkan uang lima ratus ribu rupiah untuk menyewa domain dan hosting website yang bagus selama setahun. Diluar itu, anda juga bisa menggunakan berbagai layanan tempat gratis seperti .co.cc, blogspot, wordpress.com, dan lain sebagainya. Tapi lebih baik memilih yang berbayar dimana domainnya berakhiran .com, .net, .co.id, ataupun .org sehingga memiliki kesan lebih terpercaya dimata konsumen. Untuk ruang kerja atau stok barang, anda bisa gunakan rumah anda sendiri. Yang jelas, sewa tempat yang bagus sekalipun di bisnis online tidak akan menguras anggaran modal anda. Jadi bila anda tidak memiliki modal yang cukup untuk sewa tempat. Maka bisnis online bisa menjadi solusi bagi anda.

  1. Pasar luas, sampai ke luar negeri

Dalam bisnis pasti kita memerlukan pasar. Sederhananya, pasar adalah tempat bertemu antara pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Dari pengertian ini maka pasar memiliki peran penting dalam dunia bisnis. Pasar menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan dalam berbisnis. Semakin tepat memilih pasar, maka semakin besar peluang untuk berhasil. Semakin luas jangkauan pasar yang ada, maka semakin luas peluang untuk berhasil.

Inilah kelebihan lainnya yang dimiliki oleh bisnis online yaitu jangkauan pasar yang luas. Jangkauan pasarnya tidak hanya dalam negeri tapi juga luar negeri. Jangan kaget bila anda mendapatkan pesanan dari luar negeri. Karena memang bisnis online memiliki pasar yang dapat diakses dari mana saja dan oleh siapa saja. Hal ini tidak bisa dilakukan oleh selain bisnis online. Misalnya ketika anda membuka usaha counter pulsa, maka anda memiliki keterbatasan ruang pasar. Pasar yang anda miliki terbatas oleh adanya counter pulsa lain di sekitar anda. Contoh lainnya bila anda membuka toko komputer. Pasar yang anda miliki pun terbatas. Batasan maksimal pasar adalah kota tempat anda membuka toko tersebut.

Bisnis online merupakan solusi bagi keterbatasan pasar seperti diatas. Ia memberikan wilayah pemasaran yang lebih luas. Cakupannya tidak terbatas kota, provinsi, ataupun negara. Tapi semua wilayah di seluruh dunia bisa melihat took online anda melalui internet. Semua penggemar produk anda dari berbagai wilayah di dunia bisa membelinya tanpa harus jauh-jauh datang ke tempat usaha anda. Selain itu, anda tidak perlu bingung bagaimana cara menerima pembayaran dan mengirim barang. Karena sudah banyak layanan di dunia online yang bisa mengatasi kendala tersebut. Jadi intinya, bisnis online merupakan cara yang tepat bila anda menginginkan pasar yang luas.

  1. Bebas kendala cuaca

Seringkali cuaca menjadi penghambat bisnis seseorang. Sebagian orang tidak jadi belanja karena hujan. Ada juga orang yang enggan pergi membeli sesuatu karena sinar matahari terlalu terik. Ditambah lagi, terutama kota Jakarta, jalan yang akan dilalui merupakan jalan padat kendaraan alias macet. Penundaan ini seringkali berakhir pada pengalihan niat pembeli terhadap produk atau tujuan lain yang berbeda dari semula. Hal tersebut tentu saja sedikit atau banyak memberikan kerugian. Bisa beda hasilnya bila usaha anda memiliki toko online yang bisa diakses luas. Calon pembeli tidak perlu mengubah niat dari membeli produk anda ke hal lain. Karena anda juga memberikan layanan pembelian online. Lebih bagus lagi kalau ada sistem Cash on Delivery (COD) atau bayar di tempat. Ketika cuaca tidak mendukung calon pembeli untuk keluar belanja, mereka cukup memesan via website anda. Kemudian anda mengantarkan produk tersebut ke alamat pembeli. Dan pembeli melakukan pembayaran ketika produk sampai di tempatnya. Pastinya sang pembeli pun senang dengan layanan ini.

Sekali lagi, bisnis online memberikan kemudahan bagi penjual ataupun pembeli. Ia juga mampu mengatasi kendala cuaca yang sering kali menjadi penghambat. Faktor kelebihan ini patut dipertimbangan bagi mereka yang ingin membuka sebuah bisnis. Dan bagi mereka yang sudah memiliki bisnis, mereka bisa melengkapi bisnisnya dengan membuka layanan online mengingat adanya kelebihan yang sangat memberikan nilai tambah ini.

  1. Modal Kecil

Ketika seseorang ingin membangun sebuah usaha, pasti yang pertama terlintas dalam pikirannya adalah tentang modal. Banyak hal yang dipikirkannya mengenai modal untuk mendirikan usaha. Sebesar apa modal yang akan digunakan. Kemudian darimana ia akan mendapatkan modal tersebut. Kalau sudah dapat pinjaman modal apakah ia mampu untuk mengembalikannya. Apalagi bila modal yang digunakan cukup besar dan didapatkannya dari meminjam kepada kerabat atau teman. Seringkali ini menjadi pertanyaan yang membuat kita ragu untuk memulai usaha.

Bila anda termasuk salah satu orang yang ragu memulai usaha karena pertanyaan-pertanyaan seperti diatas. Atau anda memilki modal yang terbatas untuk memulai usaha. Maka bisnis online bisa menjadi solusinya karena memulai bisnis online tidak harus bermodal besar. Anda tidak harus memiliki uang ratusan juta untuk memulai bisnis online. Bahkan dengan modal dibawah 2 juta, anda sudah bisa membangun bisnis online.

Ada beberapa hal yang membuat bisnis online bisa didirikan dengan modal kecil. Pertama, tidak perlu sewa tempat. Seperti yang saya sudah jelaskan sebelumnya bahwa sewa tempat menjadi beban berat pada anggaran modal awal. Pada bisnis online anda bisa memangkas biaya untuk sewa tempat yang menghabiskan sepertiga modal yang ada. Anda bisa menjalankan bisnis online dari rumah sendiri. Kedua, anda tidak perlu menyetok barang berlebih. Anda bisa menyetok sedikit barang untuk persediaan, karena para pembeli online anda tidak akan mungkin melihat-lihat stok fisik barang yang ada. Bahkan anda cukup menampilkan sampel atau contoh barang pada bisnis online. Ketiga, anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk operasional yang diakibatkan sewa tempat. Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos naik angkutan umum atau membeli bensin kendaraan untuk pergi ke tempat usaha. Anda tidak perlu mengeluarkan tambahan uang retribusi keamanan tempat. Tidak perlu mengeluarkan tambahan biaya listrik pada tempat usaha yang disewa. Ataupun tidak perlu mengeluarkan uang untuk pungutan-pungutan liar yang ada. Dan juga tidak memerlukan jumlah karyawan yang banyak sehingga anda bisa memangkas beban gaji. Anda benar-benar bisa berhemat.

Dengan demikian, jelas sudah bahwa membangun bisnis online lebih murah dibanding dengan membangun bisnis offline. mudah-mudahan anda tidak ragu lagi untuk membangun bisnis online. Tidak ada alasan tidak mencoba berbisnis karena alasan modal yang mahal. Karena bisnis online sudah memberikan solusi tersebut.

  1. Menjalankan usaha di rumah sendiri

Kelebihan lain dari bisnis online yaitu anda dapat menjalankannya di rumah sendiri. Anda hanya perlu melengkapi rumah anda dengan satu buah perangkat komputer dan koneksi internet. Komputer dan koneksi internet ini merupakan modal utama bila ingin mendirikan bisnis online. Komputer yang digunakan bisa komputer bekas dengan spesifikasi rendah. Tapi lebih baik komputer baru dengan spesifikasi lumayan tinggi. Koneksi internet juga bisa anda pilih. Saya sarankan untuk menggunakan koneksi internet kabel, bukan modem mobile, karena lebih stabil dan tidak tergantung kondisi sinyal. Bila komputer anda sudah mumpuni dan koneksi internet juga sudah baik. Selanjutnya anda bisa mulai menjalankan bisnis online dari rumah.

Dengan menjalankan bisnis online dari rumah sendiri anda memiliki beberapa keuntungan. Pertama, anda dapat memantau bisnis online kapan saja. Pagi, siang, sore, atau malam anda bisa meluangkan waktu kapan pun untuk memantau perkembangan bisnis online yang sedang dijalankan dari waktu ke waktu. Anda bisa menyesuaikan waktu yang ada. Anda tidak harus pergi keluar dan menempuh perjalanan yang memakan waktu. Karena bisnis anda berada di rumah sendiri. Kedua, anda bisa memiliki waktu dan kesempatan berinteraksi lebih dengan keluarga tercinta. Beda sekali jika anda punya usaha atau pekerjaan di luar rumah yang jauh. Perjalanan pergi dan pulang saja sudah memakan banyak waktu anda. Belum lagi bila anda terhambat kemacetan. Karena kendala kemacetan ini memaksa anda berangkat pagi buta dan pulang larut malam. Akibatnya anda hanya memiliki sedikit sekali waktu untuk keluarga. Ketiga, anda bisa mengatur jam kerja sesuai dengan keinginan. Anda bisa memulai jam kerja pada pukul 09.00 pagi dan selesai pukul 15.00 WIB. Atau anda bisa memulainya lebih awal pukul 07.00 dan selesai lebih lama yaitu pukul 18.00 WIB. Pengaturan waktu ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tapi anda harus pintar mengatur waktu antara pekerjaan dan keluarga. Jika tidak, maka bisnis anda tidak akan menghasilkan apa-apa. Atau mungkin memberikan hasil besar tapi tetap saja keluarga anda terlantar karena anda terlalu mementingkan pekerjaan. Anda harus menjaga keseimbangannya. Keempat, tingkat stress anda lebih rendah ketimbang para pekerja kantor atau pengusaha pada umumnya. Kelakuan teman kerja yang menjengkelkan dan mengganggu tidak anda temui lagi. sehingga anda tidak stress karenanya. Anda juga tidak akan merasakan strees akibat kemacetan di pagi hari pada saat berangkat kerja ataupun pun pulang kerja. Tapi ada hal yang harus anda ingat. Anda harus mengelola bisnis online di rumah dengan professional. Jika tidak maka strees pun bisa menghampiri anda.

Di atas adalah beberapa poin keuntungan dari menjalankan bisnis online di rumah. Masih banyak lagi keuntungan lain yang bisa anda rasakan bila sudah mulai menjalankan bisnis online. Tapi anda harus mengelola bisnis online itu dengan professional. Jika tidak semua keuntungan dari bisnis online tidak akan anda dapatkan.

  1. Bisa membuat forum atau komunitas pelanggan sendiri

Kekurangan bisnis offline pada umumnya yaitu sulit membentuk forum atau komunitas pecinta produk. Walaupun bisa anda memerlukan tempat khusus selain toko anda untuk menampung mereka. Anda harus menyediakan tempat khusus tempat mereka mengobrol dan berinteraksi satu sama lain. Pada bisnis online, hal tersebut sangat memungkinkan terjadi. Anda bisa menyediakan ruang khusus untuk mereka yang sering dikenal dengan forum di dunia online. Ruang itu juga bisa diletakkan bersama dengan tempat toko online anda. Toko online atau website anda bisa dibuat untuk menyediakan keperluan itu.

Saat ini, sedang berkembang tren membuat forum atau komunitas pelanggan suatu produk pada jejaring sosial seperti facebook atau twitter. Anda pun bisa membuatnya berupa group atau fanspage pada jejaring sosial facebook. Sudah banyak perusahaan besar dengan produk terkenalnya melakukannya sebagai cara untuk lebih dekat dengan pelanggan setianya. Tidak hanya perusahaan, para tokoh dan artis pun turut menempuh cara ini untuk menjaga loyalitas pendukungnya. Dari sisi keuangan, forum komunitas ataupun fanspage bisa menghemat anggaran pengeluaran bisnis anda ketimbang anda menyediakan tambahan tempat secara fisik pada bisnis offline.

Poin ini memberikan keuntungan tersendiri bagi banyak perusahaan. Dan juga terbukti efektif untuk menjaga loyalitas pelanggan sembari mencari calon pelanggan baru. Karena memang sekarang merupakan era jejaring sosial dimana masyarakat sangat intens bergaul di dunia maya terkhusus kota-kota besar. Bahkan lebih insten mereka lakukan ketimbang bergaul di café, mal, dan tempat lainnya. Meski ketika mereka berkumpul di café atau mal pun mereka tetap saja intens berinteraksi di dunia oline terkhusus jejaring sosial. Di sinilah letak kelebihan lain dari bisnis online yang tidak dimiliki oleh bisnis offline.

  1. Mempermudah pembeli

Kehadiran teknologi memang mempermudah kehidupan kita. Aspek-aspek lain yang merupakan dampak turunan dari perkembangan teknologi juga turut mempermudah kita. Dunia bisnis pun tidak ketinggalan menerima dampak kemudahan tersebut. Dan pada dunia bisnis, bisnis online merupakan aspek yang paling jelas terlihat menampilkan dampak kemudahan itu. Kemudahan ini dirasakan oleh penjual dan pembeli. Dari sisi penjual tentu saja memberikan kemudahan dalam hal membangun bisnis seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Dari sisi pembeli, bisnis online juga memberikan kemudahan yang jelas terlihat. Sang pembeli bisa membeli barang yang diinginkannya kapan dan dimana saja. Ia bisa membelinya saat dalam perjalanan. Bisa juga ketika menghadiri acara. Ataupun ketika sedang santai di tempat tidur. Karena bisnis online merupakan bisnis yang bersifat mobile, bisa diakses kapan dan darimana saja. Pada saat cuaca tidak baik seperti hujan atau matahari terlalu terik, pembeli tidak perlu mengurungkan niat untuk berbelanja. Pembeli dapat menyalakan komputer atau handphone-nya kemudian memesan barang yang ingin dibeli pada berbagai toko online yang tersedia di internet. Ini kelebihan lain dari bisnis online. Benar-benar memberikan kemudahan pada calon pembeli.

Sekarang anda sudah membaca dan memahami kelebihan-kelebihan yang ada pada bisnis online. Minimal ketujuh kelebihan di atas bisa membantu anda untuk segera memutuskan apakah ingin membangun bisnis offline atau bisnis online. Bila anda baru belajar bisnis dan memiliki modal kecil. Bisnis online menjadi pilihan yang tepat. Bila anda berniat menjalankan bisnis sembari tidak melupakan banyak waktu untuk keluarga. Bisnis online adalah pilihan tepat. Bila anda ingin berbisnis dan mendapatkan minimal tujuh keuntungan di atas. Sekali lagi, bisnis online patut anda pilih sebagai pilihan yang tepat